JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Duta Generasi Berencana (GenRe) diharapkan mampu menjadi pelopor terciptanya generasi muda yang berkualitas. Generasi dengan beberapa indikator sesuai dengan salam khas GenRe itu sendiri, yakni Zero Pernikahan Dini, Zero Napza, dan juga zero seks bebas.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman ketika menghadiri malam pemilihan Duta GenRe Solok Selatan Tahun 2020 di aula kantor bupati, Rabu 11/3.

"Pemilihan duta malam ini merupakan salah satu upaya kita mewujudkan generasi berkualitas," ujarnya.

Plt Bupati yang hadir bersama Ny Ayu Abdul Rahman tersebut mengutarakan bahwa remaja yang unggul itu adalah remaja yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani, memiliki kecerdasan, serta memiliki akhlak mulia.

"Cerdas secara spritual, cerdas secara emosional, dan juga cerdas secara intelektual," terangnya.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sumatera Barat Etna Estelita mengatakan bahwa kegiatan pemilihan GenRe sendiri menyasar kepada anak anak milenial.

Menurutnya, remaja yang berkualitas adalah remaja yang bisa melewati 5 transisi dengan baik.

"Dimana remaja itu harus sekolah hingga SLTA dan juga perguruan tinggi, bisa bekerja, kemudian menikah, terjun ke masyarakat, dan akhirnya bisa berperilaku hidup sehat,".

Duta genre diharapkan mampu tumbuh di lingkungannya menjadi figur yang terampil, berkarakter, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ia juga berharap agar duta Solok Selatan nantinya dapat meraih juara di pemilihan duta GenRe serupa di tingkat propinsi, agar dapat mewakili Sumbar ke tingkat nasional.

"Tahun 2017 silam, duta GenRe dari Solsel berhasil mewakili Sumbar ke tingkat nasional. Mudah-mudahan prestasi tersebut dapat terulang lagi tahun 2020 ini," harapnya

Sementara itu, Kepala DP2KB,PP&PA Lora Ayahanda Putri mengatakan, bahwa peserta pemilihan Duta GenRe adalah utusan dari Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se-Solok Selatan.
"Ada 128 orang peserta yang mengikuti. Dan malam ini ada 15 pasang finalis (30 orang) yang tampil memperebutkan juara," jelasnya

Tampil sebagai Juara 1 Duta GenRe Muhammad Alfikri Syahputra (SMAN 3 Solsel) dan untuk putri diraih Aisyah Azzahra Sy (SMAN 5 Solsel).


* ril *
 
Top