JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyatakan kesiapannya untuk mengalokasikan anggaran untuk bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak wabah corona.

Penegasan ini disampaikan oleh Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman dalam teleconference dengan Gubernur dan Forkopimda Propinsi serta Bupati/Walikota se-Sumbar di ruangan kerjanya, Jum'at 27/3/20.

"Intinya kita di Solok Selatan siap untuk mengalokasikan anggaran guna membantu jaring-jaring sosial yang ada akibat mewabahnya virus covid-19 ini," tegasnya.

Anggaran yang akan digunakan nanti menurutnya diambil dari pergeseran-pergeseran anggaran yang dimungkinkan untuk prihal bantuan tersebut.

"Termasuk pengurangan-pengurangan perjalanan dinas atau kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya belum terlalu mendesak dan bisa dilakukan dilain waktu," terangnya.

Selain alokasi untuk bantuan sosial, Plt. Bupati menyampaikan, bahwa anggaran itu nantinya disiapkan juga untuk keperluan-keperluan yang terkait dengan percepatan penanganan wabah corona tersebut.

Terkait besaran anggaran yang disediakan untuk bantuan sosial dan penanganan wabah corona tersebut, Plt. Bupati menyampaikan bahwa segera mungkin akan disusun bersama Tim Anggaran Pemda dan OPD terkait.

Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya juga segera menjajaki rencana bantuan sembako yang disiapkan oleh perusahaan-perusahaan di Solok Selatan melalui forum CSR perusahaan.

"Dalam rencananya perusahaan-perusahaan yang ada berjanji menyiapkan sembako menjelang ramadhan. Dan itu juga akan kita mintakan untuk digeser dan disalurkan kepada warga yang terdampak nantinya," ujarnya.

Terkait warga yang terdampak menurutnya tentu akan dirapatkan segera untuk menentukan kriteria-kriterianya.

Hadir dalam teleconference tersebut Ketua DPRD Zigo Rolanda, Kajari M. Bardan, Kapolres AKBP. Imam Yulisdianto, S.Ik, MH, Dandim 0309 Solok yang diwakili Danramil Sangir Kapten Afrizal, Asisten Pemerintahan & Kesra Fidel Efendi, Kadis Kesehatan Novirman, Kalaksa BPBD Richi Amran, Kadis Kominfo Syamsurizal, serta Kabag Kesra Zuardi.

* ril/man *
 
Top