JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan (Solsel) canangkan Bulan Bakti Dasawisma dan Bulan Bakti Gotong royong Masyarakat (BBGRM) Kabupaten itu di Aula Kantor Bupati Solsel, Kamis (12/3).

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Solsel Fidel Efendi membacakan sambutan Plt Bupati Solsel menyebutkan, keberadaan gerakan PKK dengan 10 program pokoknya sudah diterima dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

PKK katanya, melalui beragam kegiatan telah mampu menyentuh lini terbawah yang ada di masyarakat, sehingga sinergitas dengan kelompok dasawisma sangat penting untuk meningkatkan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

"PKK sebagai mitra mempunyai peran strategis membantu kelancaran program pemerintah terutama peningkatan kesejahteraan keluarga, pengentasan kemiskinan, dan pemberdayaan masyarakat," katanya.

Dasawisma katanya, harus terus meningkatkan perannya guna mewujudkan peningkatan kualitas dan kesejahteraan masyarakat dan diharapkan mampu mengantisipasi muncul serta berkembangnya penyakit masyarakat.

Sementara itu, untuk kegiatan BBGRM tahun ini katanya, adalah melanjutkan pembukaan jalan baru yang menghubungkan Nagari Padang Limau Sundai menuju Talantam Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan, yang masih tersisa 6,6 KM dari 12,8 KM yang direncankan pada tahun 2019.

Ia berharap, sinergi dua pencanangan ini akan mampu meningkatkan peran dan kinerja kader dasawisma dilapangan sehingga imbasnya sangat baik bagi terlaksananya pembangunan daerah.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Solsel, Ayu Abdul Rahman dalam sambutannya menyampaikan, kelompok dasawisma adalah motor penggerak pelaksanaan 10 program pokok PKK untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera.

Ia menyebutkan, Dasawisma merupakan ujung tombak PKK dalam mendata masyarakat dilapisan bawah, sehingganya data yang telah dihimpun dasawisma tersebut dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Tambahnya, selama ini anggota dasawisma bekerja dengan ikhlas saat menjalankan tugasnya. Kedepan ia berharap, ada alokasi anggaran untuk anggota dasawisma yang benar-benar bekerja sebagai biaya pengganti transportasinya saat menghimpun data dilapangan.

Harapnya, biaya transportasi ini dapat memicu semangat anggota dasawisma saat bekerja di lapangan.

* rilis/man *
 
Top