JA,Sarolangun, Sosialisasi Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) kabupaten Sarolangun mengajak masyarakat hingga tingkat kelurahan untuk mengurangi volume sampah. Peserta sosialisasi tersebut terdiri dari perwakilan pada setiap RT disetiap kelurahan yang ada dikecamatan sarolangun. Acara sosialisasi Jakstrada itu, rencananya akan digelar selama 3 hari Dengan mendatangkan narasumber dari Rumah kreasi daur ulang Sarolangun.

Pada hari pertama acara digelar diaula kelurahan gunung kembang dengan peserta 21 orang dari 21 RT dan kelurahan Aur Gading peserta 25 orang dari 25 RT. Senin (2/12)

" Dalam Sosialisasi ini kita mengajak peran serta masyarakat untuk mengurangi volume sampah. Dan itu dimulai dari sampah rumah tangga". Kata Sugeng Mulyadi,ST Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3.

Sementara itu Mona Kabiyansah narasumber dalam acara sosialisasi Jakstrada menyampaikan, LH dan Komunitas secara bersama akan membentuk kader peduli sampah,

"Alhamdulillah, responnya sangat baik dari para peserta yang rata rata kaum ibu. Jadi kita akan membentuk kader peduli sampah. Bukan hanya itu kita menawarkan pelatihan dalam membuat produk yang ada pada kita. Peserta tinggal memilih produk mana yang akan mereka pelajari apakah produk berbahan plastik koran bekas atau yang lainnya ". Ungkap Mona Kabiyansah Ketua Komunitas Daur Ulang Sarolangun.

Dengan telah dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (JAKSTRANAS) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan
Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, yang baru ditetapkan pada tanggal 23 Oktober 2017.

Dalam hal itu, Bupati Sarolangun melalui dinas terkait ikut serta dalam mengsukseskan Jakstranas dengan menerbitkan Jakstrada untuk diberlakukan pada setiap kecamatan, kelurahan, desa bahkan sampai tingkat RT. (nal)
 
Top