JA.com, Pasaman Barat (Sumatera Barat) - Ketua Dprd Pasbar, Parizal Hafni tegaskan peruntukan Mobil Ambulance untuk untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan di daerah kecamatan dan daerah terpencil.

"Saya heran dengan ambulance Puskesmas dan mobil Puskesmas keliling ini. Seharusnya cukup sampai di rumah sakit daerah saja. Jika ada hitung-hitungan menggunakan dua alat transportasi pelayanan kesehatan ini, maka ini harus dipertanyakan kemana uang nya,"jelas Parizal Hafni.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Haryunidra menjelaskan ada dua jenis mobil pelayanan kesehatan di kecamatan yakni mobil Puskesmas Keliling dan mobil Ambulance Puskemas.

"Mobil Puskesmas keliling bisa digunakan untuk membawa pasien dan untuk pelayanan kesehatan di wilayah kerja kecamatan masing-masing, misal turun kejorong A tentang pelayanan pengobatan". kata Haryunidra.

Andi salah seorang keluarga Pasien mengaku kecewa karena ketika pasien membutuhkan, mobil tersebut sedang mengantarkan pasien ke rumah sakit luar Kabupaten Pasaman Barat.

"Seharusnya mobil layanan kesehatan itu stanby di kecamatan," ujar Andre salah seorang keluarga pasien di salah satu Puskesmas di Pasaman Barat.

Ia melanjutkan, ambulance Puskesmas kecamatan cukup sampai di kabupaten. Jika pasien harus dirujuk ke rumah sakit luar daerah harus transit dengan mobil ambulance rumah sakit. (Sofyan H)
 
Top