JA.com, Solok Selatan, (Sumatera Barat)--Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Kompoter (UNBK)tahun, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Solok Selatan telah mempersiapkan sarana prasara pendukung dalam menghadapi ujian bagi siswa/siswi nyatahun ini.

"Untuk persiapan UNBK, kami telah mempersiapkan sarana pendukung, seperti komputer, jaringan internet dan genset jika terjadi pemadaman listrik,"ujar Asril, selaku kepala sekolah SMAN 1 Solsel diruang kerjanya Rabu (27/2).

Dijelaskannya di sekolah ini ada 311 siswa yang akan mengikuti UNBK, untuk itu ujian akan dilakukan dalam tiga sesi, karena  masih keterbatasan komputer.

Saat ini perangkat pendukung jenis komputer ada 50 unit, laptop 25 unit. Sedangkan kekurangan untuk bisa menjadi tiga sesi, maka menyiasati dengan memakai laptop tenaga pendidik dan siswa yang bersedia.

"Tahun ini merupakan tahun ketiga kami melaksanakan UNBK di sekolah ini,"sebutnya.

Dikatakan, selain itu, untuk pelaksanaan UNBK ini, kami juga akan meningkatkan Server yang berjumlah 3 unit, akan ditingkatkan dari 8 Giga Bite (GB) menjadi 16 GB.

Dalam pengoperasian komputer ini kami memiliki tiga orang operator, dengan teknisi 2 orang.

UNBK di SMAN 1 Solsel ini dilaksanakan 4 hari yaitu 1, 2, 4, dan 8 April.

Menurut Asril, mengatasi pemadaman listrik, pihak sekolah sudah memiliki genset dengan kekuatan 30 ribu kilovolt, Selain itu, melalui Dinas Pendidikan juga sudah menyurati PLN.

"Untuk Internet kita juga menyurati PT Telkom, agar disaat pelaksanaan UNBK tidak ada pelaksaan memperbaiki atau maintenen,"jelasnya.

Pada SMAN 1 Solsel ini juga ada sekolah yang akan menompang pelaksanaan UNBK yaitu SMA 9 Solsel. Tapi semua peralatan di miliki SMA 9, mereka hanya memakai lokal dan internet.

Sedangkan MTsn 1 Solsel juga akan melaksanakan UNBK di SMA tertua di Solsel tersebut, demikian Asril mengakhiri. (S u d i r )*
 
Top