JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi pimpin penandatanganan perjanjian kerja Tahun 2019, Senin (18/2) di Gedung Indojolito, Batusangkar.
Pada kesempatan itu, ia meminta, penandatanganan kinerja organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan pemerintah daerah jangan hanya bersifat administrasi saja. Dan ia berharap kepada seluruh OPD lebih fokus dalam menjalankan seluruh program prioritas kabupaten Tanah Datar, guna mencapai tujuan pemerintah daerah yang sudah dituangkan dalam RPJMD tahun 2016-2021.
"Laksanakan program pembangunan dengan optimal. Target kita pada tahun ini 2/3 dari OPD yang ada, nilai akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar diharapkan bernilai BB," ujarnya.
Bupati juga ingatkan, kepada seluruh pimpinan OPD, Akuntabilitas tidak terbatas hanya pada pertanggungjawaban keuangan namun yang lebih penting yaitu pertangungjawaban non-keuangan, seperti kinerja yang berupa output bahkan outcome atau bonefit yang akan dicapai oleh suatu program/ kegiatan sesuai visi dan misi organisasi dan memberikan dampak serta manfaat bagi masyarakat.
Sementara itu, Ketua Pelaksana,Kepala Bagian  Organisasi Adryanti Rustam mengatakan, Penandatanganan kinerja tersebut dilakukan untuk mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, nomor 53 tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan tata cara reviuatas laporan kinerja instansi pemerintah.
"Perjanjian yang akan ditandatangai adalah dokumen penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada yang lebih rendah. Bertujuan untuk melaksanakan program dan kegiatan yang di sertai dengan indicator kinerja dan target kinerja yang akan dilaksanakan satu tahun, sehingga semua kinerja yang dilaksanakan menjadi terukur dan dapat dipertanggungjawabkan," katanya.
Lebih lanjut, Dokumen yang telah ditandatangani ini akan diserahkan ke KemenPAN RB bersama dengan laporan kinerja instansi pemerintah kabupaten Tanah Datar.
Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar Zuldafri Darma, Sekretaris Daerah Hardiman, Pimpinan OPD se Tanah Datar. (MG)

 
Top