JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Peningkatan pelayanan serta pengamanan pada Rumah Tahanan (rutan) Kelas II B Muaralabuh kabupaten Solok Selatan nampak semakin baik.

Kepala Rutan Kelas II B Muaralabuh, Sarwono yang baru bertugas 2 bulan bertekad akan membenahi pelayanan dan pengamanan terhadap warga binaan serta pengunjung Rutan yang mengunjungi keluarganya, kendatipun dengan daya tampung Rutan yang terbatas, hal itu disampaikan Sarwono diruang kerjanya baru baru ini.

" Saya baru bertugas di Solok Selatan sekitar dua bulan ini, maka butuh sinergi dan masukan berbagai pihak terkait dalam memaksimalkan pelaya nan  dan pengamanan terhadap warga binaan maupun terhadap pengunjung Rutan ini. Supaya ramah akan Hak Azasi Manusia (HAM)," sebut  Sarwono.

Menurutnya, jumlah warga binaan di Rutan itu saat ini sebanyak 68 orang dimana terdiri dari 34 narapidana dan 32 tahanan." Idealnya Rutan ini hanya berkapasitas 24 orang. Dalam waktu dekat kami juga akan menyampaikan permintaan pada Pemkab Solsel terkait kebutuhan lahan untuk pembangunan Rutan yang lebih memadai," katanya.

Ditambahkan Sarwono, dengan keterbatasan kapasitas maupun sarana pendukung lainnya, bukan berarti mengabaikan pelayanan dan pengamanan di Rutan.

"Nanti kita coba juga sediakan tempat bermain Anak supaya pihak keluarga yang berkunjung dengan membawa anak bisa nyaman," katanya.

Sarwono mengatakan integritas penjaga rutan sesuai dengan SOP yang berlaku. "Pemeriksaan terhadap pengunjung yang datang juga kita maksimalkan untuk mencegah masuknya barang yang berpotensi tindak kriminal," sebutnya.

* man *
 
Top