JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Solok Selatan dikunjungi Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Ketahanan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Barat (Sumbar) Ny. Wartawati Nasrul Abit dalam rangka penilaian lomba gerakan PKK Tahun 2020 tingkat Provinsi Sumbar, Senin (9/3).

Ny. Wartawati Nasrul Abit menyebutkan, kegiatan penilaian lomba tersebut adalah dalam rangka mendorong TP PKK di setiap daerah agar melakukan pembinaan secara berjenjang hingga ke tingkat dasawisma dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

Dia mengatakan, kategori yang dinilai pada lomba gerakan PKK adalah tertib administrasi PKK, lomba pola asuh anak dan remaja, penilaian lomba upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K), lomba halaman asri teratur indah dan nyaman (Hatinya PKK), dan pelaksanaan IVA test.

"Hasil pembinaan dari masing-masing daerah inilah yang hari ini kami nilai. Daerah yang terpilih sebagai yang terbaik, nantinya akan mewakili Sumatera Barat di tingkat nasional dalam lomba yang sama." kata Wartawati.

Dijelaskannya juga, lomba tersebut juga untuk mempererat silaturahmi dan rasa kebersamaan antar sesama TP PKK di seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

"Yang tidak kalah pentingnya, dengan adanya penilaian yang dilakukan setiap tahun ini, kita berharap kader PKK mampu memahami seluruh program PKK secara komprehensif," sebutnya.

Ditempat yang sama Plt Bupati Solsel, Abdul Rahman menyebutkan, yang terpenting dalam pelaksanaan lomba gerakan PKK adalah membangun kesadaran tantang program-program PKK ditengah-tengah masyarakat.

"10 program pokok PKK hendaknya terimplementasi ditengah-tengah masyarakat, tidak hanya ketika ada lomba gerakan PKK saja, karena manfaatnya juga akan dirasakan oleh kader PKK sendiri." kata Abdul Rahman.

Dia berharap agar TP-PKK diisi dan disinkronkan dengan program-program konkrit yang ada pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Dengan adanya sinkronisasi program dan kerjasama yang baik dengan OPD terkait kami yakin PKK akan berjalan dengan baik." jelasnya.

Ketua TP-PKK Solsel Ny. Ayu Abdul Rahman mengungkapkan saat ini diwakili oleh empat Nagari mengikuti lima program yang dilombakan dalam lomba Gerakan PKK Tahun 2020.

"Lomba tertib administrasi PKK Nagari Pakan Rabaa Tengah Kecamatan KPGD, dan lomba pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih sayang di keluarga, Nagari Padang Air Dingin," Kecamatan Sangir Jujuan katanya.

Selanjutnya, lomba Usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu, Lomba Halaman Asri Teratur dan Nyaman (Hatinya PKK) Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kecamatan Pauh Duo, serta IVA Test. Kecamatan SBH.

Kedatangan rombongan tim penilai yang dipimpin oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Wati Nasrul Abit tersebut disambut langsung oleh Plt Bupati Solsel dan Ketua TP PKK Solsel, Ny. Ayu Abdul Rahman beserta jajaran pengurus TP PKK kabupaten, di Kantor Camat Sungai Pagu.

* dirman *
 
Top