JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Pemko Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga kembali mengadakan Payokumbuah Botuang Festival (PBF) yang berpusat di Panorama Ampangan, Kelurahan Kapalo Koto Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, selama dua hari, 7 dan 8 Desember 2019 mendatang .

Plt Kepala Disparpora Andiko Jumarel mengatakan, festival ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Payakumbuh Bagodang dalam memeriahkan HUT Kota Payakumbuh ke 49 pada tahun 2019.

"PBF esensinya mangangkat konsep lebih jauh bagaimana menjadikan bambu sebagai komoditi untuk mengangkat ekonomi masyarakat di nagari, khususnya di Aua Kuniang sebagai kampung pengrajin bambu," katanya.

Dikatakannya, memang gelaran PBF sudah masuk pada tahun ketiga, namun untuk saat ini iven khas Payakumbuh itu masih dalam tahap promosi. untuk menunjang kegiatan ini, Pemko khusus mengundang artis ibukota dan artis seni tradisi dari beberapa daerah di nasional.

"Beberapa bentuk kegiatan promosinya bernuansa tradisi, kita memperkenalkan makan bajamba, menampilkan musik tradisi dari berbagai daerah di provinsi dan nasional. Ada saluang tradisi dan randai," tutup Andiko. (Farhan)
 
Top