JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla melakukan serangkaian kegiatan di Tanah Datar khususnya di Kecamatan Lintau Buo dan Lintau Buo Utara, Jum’at (6/12). Kedatangannya, disambut Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dan Ny. Emi Irdinansyah beserta Forkompinda.

Jusuf Kalla mengunjungi Sentra Industri Tenun di Tigo Jangko (Kecamatan Lintau Buo) untuk melihat perkembangan sentra tenun terbesar di Indonesia yang sudah melatih 300 peserta sejak diresmikan tahun lalu. Dilanjutkan dengan meresmikan Rumah Susun Akademi Komunitas Tanah Datar yang tidak jauh dari Sentra Tenun dan Peremian dan Pemakian kembali Masjid Raya Tanjung Bonai (Kecamatan Lintau Buo Utara).

Bangunan Rumah Susun 3 lantai ini dibiayai APBN Kementerian PUPR menghabiskan dana Rp.9,3 Miliar dan bisa menampung 144 siswa yang dilengkapi kamar tidur dengan perlengkapannya, ruang pengelola dan ruang serba guna.

Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, peresmian ini awal pengembangan Akademi Komunitas Tanah Datar untuk bisa melahirkan tenaga kerja yang terampil dan bisa bersaing di dunia kerja.

"Peningkatan fasilitas ini hendaknya bisa menyesuaikan dengan peningkatan keterampilan-keterampilan di kalangan akademi komunitas, " ujarnya.

Dikatakan JK, keterampilan dan kebutuhan harus sesuai kemampuan untuk memperbaiki teknologi. Seperti kebutuhan listrik tenaga tinggi, dan kalau itu mendesak dan dibutuhkan masyarakat setempat. Disitu pemerintah hadir untuk memberikannya.

"Dasarnya dari kehidupan masyarakat sendiri di daerah, apa latar belakang dibutuhkan dan sampaikan juga ke pemerintah dan pihak terkait," pintanya.

Jika hal itu dilakukan dan dikelola dengan baik, JK yakin Akademis Komunitas Tanah Datar ini akan berkembang baik dan bagus ke depannya.

"Tentunya akan jadi bagus di komplek ini. Karena di kompleks pendidikan ini semuanya ada. Ada SMK, Sentra Tenun dan Akademi Komunitas, yang kerja dan mau pergi kerja, dan semuanya ini akan menarik," sebutnya.

Malahan kata JK, dampak dari luar akan tumbuh ekonomi yang ada hubungannya dengan pendidikan.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Irdinansyah menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah membantu pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam pembangunan infrastruktur pendidikan

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah yang punya perhatian terhadap pembangunan sarana pendidikan yang dibutuhkan masyarakat yang juga mendorong peningkatan ekonomi,” katanya.

Ikut mendampingi JK dan Ny, Mufidah Jusuf Kalla, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Fahmi Idris, Prof. Fasli Djalal, Syahrul Ujud, Masriadi Martunus, Shadiq Pasadigoe, pimpinan OPD Pemprov Sumbar, Politeknik Negeri Padang. (MG)
 
Top