JA.com, Pasaman Barat  (Sumatera Barat)  -  Wakil Ketua DPRD Pasbar Endra Yama Putra Apresiasi Perhatian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap kehidupan nelayan tradisional terkait Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Sertifikasi Nelayan di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia. Rabu (04/12).

Menurut Endra Yama, apresiasi kepada pemerintah baik pusat melalui Ditjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan RI maupun Pemerintah Daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat dan Pasaman Barat kepada nelayan.

"Beberapa hari yang lalu telah dilaksanakan penyerahan BPJS Kesehatan kepada beberapa perwakilan Nelayan." Kata Endra.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, perhatian tersebut dapat di lihat salah satunya pemerintah melaksanakan kegiatan kegiatan diversifikasi usaha nelayan di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie.

"Alhamdulillah, kemaren pada tanggal 20 hingga 21 November pemerintah melaksanakan kegiatan diversifikasi usaha kepada 100 orang nelayan dikecamatan Sasak Ranah Pasisia dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional dengan "tema Ayo Makan Ikan Cegah Stunting," Ucap wakil Ketua dewan dari Dapil Sasak Ranah Pasisie itu.

Menurutnya, kegiatan itu sangat bermanfaat bagi nelayan Pasaman Barat, dan didukung dari berbagai lembaga lain untuk kesejahteraan dan kemudahan nelayan bertraksaksi.

"Sangat banyak manfaatnya karena ada fasilitas kredit nelayan, jaminan perlindungan nelayan, penumbuhan jiwa kewirausahaan dan keterampilan nelayan, terbukanya akses pasar dan adanya mata pencarian alternatif bagi nelayan dan keluarga nelayan terutama para wanita nelayan," jelasnya.

Ia melanjutkan, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan Bimtek pengembangan serta diversifikasi usaha, gerai pendanaan nelayan dan perbankan, gerai asuransi nelayan dari Jasindo, gerai perizinan kapal daerah dan layanan penyuluhan bazar dari UMKM. (Sofyan H)
 
Top