JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-4 Tingkat Kecamatan X Koto resmi ditabuh, kemarin di di Lapangan Hijau Hilie Balai Paninjauan.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Pj. Sekda Helfy Rahmy Harun memberikan apresiasi kepada panitia dan masyarakat X Koto khususnya Nagari Paninjauan, terkait semarak pembukaan acara itu.

“Pembukaan yang meriah dan antusias masyarakat yang menyaksikan, bukti semangat memberikan yang terbaik untuk kesuksesan acara,” kata Helfy Rahmi.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang bekerja keras mempersiapkan kafilah Tanah Datar untuk tampil maksimal di ajang MTQ Nasional ke-38 Tingkat Provinsi di Kota Solok baru-baru ini.

“Alhamdulillah, sejarah besar diraih Tanah Datar bisa menjadi juara umum, untuk itu pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada kafilah yang tampil luar bisa serta berbagai pihak di balik kesuksesan ini,” ujarnya.

Untuk itu, pesan Rahmy menjadi tugas dan tantangan bersama mempertahankan prestasi ini di ajang MTQ ke-39 di Kota Padang Panjang pada tahun 2021 mendatang.

Senada, Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar diwakili Ali Nardius mengatakan, MTQ menjadi bahan evaluasi pembinaan di tingkat nagari dan kecamatan.

"Pihak kabupaten serius mempersiapkan diri dari awal, sehingga momentum MTQ tingkat kecamatan menjadi penting untuk melahirkan kafilah yang benar-benar unggul, maka perlu dukungan dewan hakim agar memutuskan yang terbaik yang dipilih sebagai pemenang,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Sahari Sutan Mantari menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terutama masyarakat Paninjauan di mana  saja berada yang mendukung kesuksesan sebagai tuan rumah.

“Untuk kegiatan ini, kita dibantu melalui APB Nagari dan sumbangan anak nagari dan perantau serta bantuan masyarakat luas,” terangnya.

Dilaporkan, MTQ dilaksanakan tanggal 5 s/d 7 Juli 2019 di seluruh masjid dan mushalla yang tersebar di Nagari Paninjauan dengan peserta 406 orang dari 9 nagari dan memperlombakan 7 cabang yaitu tilawah, tartil, tahfiz qur’an, fahmil qur’an, syarhil qur’an, khatil qur’an, khutbah Jum’at serta1 cabang eksebisi qasidah rabana.

Turut memberi kata sambutan Walinagari Paninjauan I.C Dt.Batuah Nan Kuniang serta turut hadir Wakapolres Padang Panjang, Camat X Koto Hendra Setyawan, Forkompinca, Walinagari, Ketua BPRN dan Ketua KAN se-Kecamatan X Koto, Tokoh Masyarakat H. Arnis Saleh Dt Malano Basa dan segenap unsur masyarakat lainnya. (MG)
 
Top