JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat)--Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-47 Kota Payakumbuh 2019 dilaksanakan pada Kamis (18/7), di Ruang Pertemuan Ngalau Indah Lt. 3 Balaikota baru ex. Poliko, berlangsung dengan di warnai banyak kegiatan. Peringatan HKG kali ini mengusung  tema Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah.

Ketua Umum Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falep mengatakan,  dengan tema tersebut mengandung makna bahwa tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi, dan mendukung garis kebijakan Program Pemerintah.

"Menghadapi dinamika pembangunan sebagaimana yang kita alami saat ini, maka saya sungguh sangat berharap agar kita sekalian sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK tetap berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian kita selaku relawan, yang senantiasa bersikap rendah hati namun tidak rendah diri'," kata Henny.

Selain itu, Henny menyinggung mengenai segala informasi dan berita seakan tidak ada lagi sekatnya. Untuk itu Henny mengingatkan kepada kita semua agar dapat menjaga keluarga-keluarga yang menjadi kelompok sasaran pembinaan agar mampu memilah berita atau informasi secara bijak.

"Saya ingin memberikan contoh nyata seraya mengingatkan kepada kita semua, bahwa saat ini kita hidup pada era demokrasi, diiringi juga dengan arus globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Segala macam informasi dan berita seakan tidak ada lagi sekatnya. Pilihlah berita atau informasi secara tepat dan bijak," katanya.

Dikatanya, ada dua hal pokok sesuai dengan tema HKG-PKK Ke-47 kepada segenap jajaran Tim Penggerak PKK, para Kader PKK dan Kader Dasawisma, yaitu pertama Tingkatkan terus fungsi kinerja Gerakan PKK dengan bakti dan Karya nyata serta bekerja tanpa pamrih, kedua Tingkatkan daya kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK agar selaras dengan garis kebijakan Program pemerintah yaitu melalui karsa, inisiatif dan ketekunan.

Sementara itu, Wakil Walikota Erwin Yunaz dalam sambutannya menyampaikan  apresiasi atas keberhasilan Pelaksanaan Gerakan PKK dalam mendukung proses pembangunan.

"Sejenak marilah kita renungkan Pelaksanaan Gerakan PKK dalam mendukung proses pembangunan. Saya mengucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47 kepada Tim Penggerak PKK dalam mendukung proses pembangunan dapat meningkat," kata Erwin.

Dikatakannya, Tim Penggerak PKK kota Payakumbuh melalui kelompok Dasawisma agar dapat berperan aktif menggerakkan anggotanya, berkaitan dengan hal tersebut Tim Penggerak PKK melalui kelompok Dasawisma dituntut untuk berperan aktif menggerakkan anggotanya dengan melaksanakan kegiatan 10 program pokok PKK, sehingga berdampak kepada peningkatan SDM, Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan Keluarga.

Pada kesempatan ini, pengurus TP-PKK Kota Payakumbuh memberikan penghargaan kepada pemenang lomba Kelompok Dasa Wisma berprestasi Tingkat Kota Payakumbuh dan Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diraih oleh Kelompok Dasa Wisma Melati Putih 8 Kelurahan Talang berhasil meraih Harapan I tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Dan juga untuk pemenang lomba gerakan PKK Tingkat Kota dan Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Juara I lomba Hatinya PKK diraih oleh PKK Kelurahan Payobasung, Juara II Lomba Iva Tes diraih PKK Kecamatan Payakumbuh Selatan, dan Juara III lomba Tertib Administrasi PKK diraih oleh PKK Balai Tangah Koto, serta untuk Harapan II Lomba UP2K diraih oleh PKK Tigo Koto Dibaruah. (Farhan)
 
Top