JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat)--Kota Payakumbuh menjadi tuan rumah Gashuku (latihan bersama) karateka se-Pulau Sumatera. Kegiatan yang digelar oleh Lembaga Karatedo Indonesia (Lemkari) Payakumbuh ini bakal berlangsung pada 26-28 Juli di GOR Aur Kuning, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh.
Ketua Panitia Gashuku, Yofi Kurniadi Datuak Parpatiah Baringek mengatakan, gashuku merupakan  sebuah budaya di dunia karate yang terus dilestarikan dimana kegiatannya berisikan belajar dan latihan bersama sambil menginap di satu tempat tertentu.
"Jumat, dimulai latihan bersama atau gashuku dilanjutkan dengan ujian Yudansha kenaikan Dan. Alhamdulillah sampai sejauh ini sudah terdaftar 92 orang karateka se-Sumatera. Kemungkinan peserta akan lebih dari seratus orang," ujarnya, Kamis (25/7) di Payakumbuh.
Dikatakan Yogi, melalui gashuku peserta yang berasal dari zona 1 Sumatera ini bisa mengembangkan sifat kejujuran, keberanian, dan sopan santun, sehingga kemudian akan lahir para karateka yang positif dan memiliki semangat tinggi.
Lebih lanjut, dalam kegiatan itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi direncanakan akan mendapatkan sabuk hitam kehormatan dari Lemkari Sumbar.
"Insya Allah Sabtu besok, ada pemberian DAN Kehormatan untuk Wali Kota kita, bapak Riza Falepi karena sumbangsih beliau selama ini kepada Lemkari. Lagipula beliau sejak lama adalah orang karate juga," kata Yofi.
Menurutnya, pemberian sabuk hitam kehormatan tersebut berdasarkan Kesepakatan Musyawah Sabuk Hitam Lemkari Sumbar dimana Riza Falepi adalah Dewan Pelindung Lemkari Kota Payakumbuh.
"Sabuk hitam kehormatan ini diberikan karena pak Riza merupakan tokoh yang dianggap berjasa dan memberikan kontribusi terhadap perkembangan Lemkari secara langsung," tutur Yofi.
Yofi mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh Pemko Payakumbuh untuk kelancaran kegiatan ini. "Alhamdulillah kami dibantu konsumsi di rumah dinas, transportasi dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP, dan pemakaian gedung di Aur Kuning dari Disparpora," ucapnya.
Ia berharap, dengan kegiatan ini Lemkari Payakumbuh terus mengukir prestasi baik di tingkat regional maupun nasional. "Untuk tahun ini prestasi Lemkari Payakumbuh sangat luar biasa. Untuk perwakilan nasional pada O2SN ada dua orang dari Lemkari Payakumbuh yakni yaitu Miftahul Jannah dan Arisa Putri," simpulnya. (Farhan)

 
Top