JA.com, Tanahdatar (, Sumatera Barat)--Prestasi membanggakan di tingkat nasional dicatat oleh Puskesmas Lima Kaum I saat acara Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2019 di Ballroom Four Points by Sheraton Makassar, kemarin.

Bupati Irdinansyah mengucapkan selamat dan apresiasi kepada pimpian beserta seluruh jajaran UPT Puskesmas Lima Kaum I atas prestasi yang mengharumkan Tanah Datar di tingkat nasional.

“Selamat buat dr. Susi Julianti beserta seluruh jajarannya atas kerja kerasnya menjadikan puskesmas Lima Kaum I sebagai puskesmas ramah anak, mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi puskesmas lain di Tanah Datar,” sebut bupati, kemarin.

Ia menegaskan, pemerintah daerah akan terus meningkatkan upaya untuk menjadikan Tanah Datar semakin baik dalam pemenuhan hak anak, tidak hanya puskesmas juga perlu dirdorong sekolah, tempat ibadah, taman bermain dan fasilitas  publik lainnya.

Sementara Kepala UPT Puskesmas Lima Kaum I dr. Susi Julianti mengungkapkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah ini berkat rahmat Allah SWT, terima kasih kepada seluruh tim yang mempersiapkan ini semua. Kita tidak menyangka, bisa berhasil diraih karena ini pertama kalinya untuk Tanah Datar. Untuk itu terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Ibu Kadis Kesehatan serta dukungan dan fasilitasi yang diberikan Dinas Sosial, sehingga bisa memberi yang terbaik untuk Tanah Datar, semoga komitmen ini bisa dipertahankan ke depan dan menjadi motivasi bagi puskesmas lain di Tanah Datar,” sebut dr. Susi.

Lebih lanjut, untuk penilaian puskesmas ramah anak, Puskesmas Lima Kaum dinilai telah memenuhi 15 indikator penilaian seperti ruang bermain anak, sarana sanitasi anak, ruang pelayanan anak, media informasi dan edukasi, ruang konseling anak, saran disabilitas, ruang ASI, pojok baca, pelayanan gizi anak dan lainnya.

Sementara Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis turut memberi apresiasi. :”Sebagai langkah awal, Puskesmas Lima Kaum I telah berhasil dan ke depan Dinas Kesehatan akan terus mendorong puskesmas-puskemas lain bisa menjadi puskesmas ramah anak dalam rangka mendukung tekad Bapak Bupati menjadikan Tanah Datar kabupaten layak anak. (MG)
 
Top