JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Jajaran Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar gelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten Tahun 2019, di Komplek MAN 1 Tanah Datar Kecamatan Sungayang, kemarin.

Mengangkat tema Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat Bermartabat, KSM dibuka secara resmi oleh Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Datar diwakili Kasi Penmad H. Yusmarli.

Hadir pada pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) itu, Kepala Madrasah,  para Pengawas dan guru Madrasah tingkat MI, MTs dan MA se Kabupaten Tanah Datar. Pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tersebut juga digelar Lomba Kepala, Guru dan Pengawas Madrasah se Kabupaten Tanah Datar.

Ketua Komite KSM Tingkat Kabupaten  Tanah Datar H. Maswardi mengatakan, ajang kompetisi tersebut diikuti sebanyak 471 orang peserta yang merupakan utusan masing-masing madrasah se Kabupaten Tanah Datar. Tujuannya, menumbuhkan semangat siswa madrasah  untuk mampu berkreasi dalam meningkatkan sains madrasah.

Dikatakannya, dalam lomba KSM itu ada 3 (tiga) utusan dari tingkatan yang mengikuti kegiatan tersebut masing-masing Tingkat Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) sebanyak 34 orang, Tingkat Madrasah Tsanawiyah ( MTs) sebanyak 307 orang dan Tingkat Madrasah Aliyah sebanyak 130 orang.

Lebih lanjut, tempat Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tersebut dilaksanakan di dua tempat yaitu di Komplek MAN 1 Tanah Datar untuk Lomba  tingkat MTS dan di Komplek MTsN 10 Tanah Datar untuk Lomba tingkat MA dan MI.

"Madrasah Tingkat MI Bidang Study Matematika diikuti 16 orang dan Bidang Study IPA 18 orang. Tingkat MTS Bidang Study yang dilombakan Bidang Study Matematika diikuti 101 orang, IPS 101 orang dan IPA 105 orang. Sedangkan untuk Tingkat MA Bidang Studi yang dilombakan Bidang Study Fisika 12 orang, Geografi 28 orang, Kimia 11 orang, Matematika 36 orang, Biologi 16 orang dan Bidang Study Ekonomi 27 orang," jelasnya.

Penyelenggaraan Kompetisi KSM yang berlangsung sehari itu ialah dalam rangka mempersiapkan para duta-duta utusan madrasah  dari Kabupaten Tanah Datar untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan diselenggarakan pada tanggal 2019 di Padang dan Tingkat Nasional pada tanggal 16 September 2019 di Kota Menado Sulawesi Utara .

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar diwakili Kasi Penmad H. Yusmali mengatakan, ajang kompetisi sain madrasah itu merupakan agenda Kementerian Agama yang digelar mulai  dari  tingkat Nasional  sampai ke tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota.

"Kami harapkan siswa-siswa marasah mampu berkompetisi dengan akal yang sehat, disiplin dan transparan. Dan keluarkan semua potensi Sains yang ada pada siswa sehingga mampu mewakili Tanah Datar ke tingkat Sumbar dan Nasional," katanya.

Usai Pembukaan KSM itu Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Kasi Sarpras H. Afrizal menerima 20 buah Buku hasil ciptaan Guru Madrasah di Kabupaten Tanah Datar. (MG).
 
Top