JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan, Pemkab Tanah Datar terus berupaya untuk menjalin hubungan dengan perantau yang menjadi salah satu pilar pembangunan masyarakat, tak ayal keikutsertaan perantau itulah mewujudkan Kabupaten Tanah Datar yang sejahtera, madani dan berjaya.

“Tiga pilar yang menjadi ujung tombak pembangunan daerah yaitu Pemerintah, Masyarakat dan Perantau, tanpa adanya perantau pembangunan masyarakat dapat terkendala, basamo mangko kajadi, itulah mengapa pemerintah selalu menghimbau perangkat nagari untuk selalu menjalin komunikasi dengan masyarakat perantau,” kata Bupati Irdinansyah dihadapan anggota Ikatan Keluarga Rao-rao (Ikrar) Jaya, saat acara silaturahmi di Gedung Dharma Wanita Pusat, Jakarta, baru-baru ini.

Dikatakannya, prestasi-prestasi yang diraih pemerintah berkat partisipasi perantau baik dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Banyak prestasi Tanah Datar baik berskala Nasional maupun Provinsi, semua itu terwujud berkat dukungan dari segala pihak, tak terkecuali perantau.

"Contoh sederhana Tanah Datar sudah punya hotel bintang empat terbaik di Sumatera Barat, hingga sekarang wisatawan dapat berlama-lama di Tanah Datar, sehingga mampu menghidupkan perekonomian masyarakat, banyak lagi perantau yang telah berbuat di kampung halaman, di segala bidang baik itu pemberdayaan masyarakat, pertanian dan lainnya,” ujar Bupati Irdinansyah.

Menutup sambutannya Bupati Irdinansyah di kesempatan itu menginformasikan bahwa sebagai pusek pumpunan ikan berfilosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, pemerintah Tanah Datar bertekat menjadikan Kabupaten Tanah Datar menjadi Kabupaten Tahfizh, hingga sekarang rumah Tahfizh telah berkembang pesat, buah dari itu beberapa waktu lalu Tanah Datar menjadi juara umum pada MTQ Nasional ke 38 tingkat Provinsi di Kota Solok.

Sementara itu Ketua Ikrar Jaya periode 2019-2024 Syaiful Zein yang beberapa waktu lalu telah dilantik mengucapkan rasa syukur karena silaturahmi Ikrar Jaya dihadiri seluruh pengurus Ikrar Jaya di 21 daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Hadir saat ini pengurus Ikrar dari 21 daerah, itu membuktikan bahwa kekompakan sangatlah terlihat, maka dari itu tetap jaga keharmonisan dalam berorganisasi,” sebut Syaiful Zein.

Berkaitan dengan kepengurusan Syaiful Zein mengatakan amanat yang diberikan pada saat Musyawarah Besar pada bulan lalu menghasikan beberapa pembahasan diantaranya, menyusun kepengurusan Ikrar seluruh Indonesia, menyusun draf anggaran dasar dan menyusun program kerja lima tahun kedepan.

“Alhamdulillah, semua telah berjalan dengan lancar, sampai hari ini terlaksana silaturahmi yang dihadiri seluruh perantau nagari Rao-Rao, sebagai wadah pemersatu guna terjalin komunikasi yang baik dan ke depannya Ikrar Jaya akan berbuat di Nagari maupun di perantauan,” ujar Syaiful Zein.

Hadir pada saat itu Camat Sungai Tarab Riswandi, Wali Nagari Rao-rao Fahmi Muhammad, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, Owner Emersia Hotel Batusangkar Hj. Merri Wati beserta Suami, Tokoh Masyarakat Nagari Rao-rao dan tamu undangan lainnya. (MG)
 
Top