JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Sedikitnya, 410 orang mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kabupaten Tanah Datar. Kedatangan mereka diterima secara resmi oleh Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Tanah Datar Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr.Ermon Revlin di Aula Kantor Bupati Pagaruyung Selasa (2/7).

Mahasiswa tersebut akan melakukan KKN dari tanggal 2 Juli hingga 9 Agustus 2019 mendatang tersebar di 10 kecamatan di Tanah Datar.

Staf Ahli Bupati Tanah Datar Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr.Ermon Revlin menyampaikan selamat datang di Kabupaten Tanah Datar kepada mahasiswa Unand itu.

"Mahasiswa  harus bisa menyesuaikan diri di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, harus belajar dan menghayati kehidupan masyarakat, mengetahui kesulitan masyarakat dan sekaligus membantu memberi solusinya,’ kata Ermon, Selasa (2/7) di Pagaruyung, Batusangkar.

Lebih lanjut Ermon juga sampaikan visi dan misi serta beberapa program Pemkab Tanah Datar di antaranya, kabupaten madani dengan menjadikan Kabupaten Tanah Datar  kabupaten Tahfiz yang berlandaskan ABS-SBK serta prioritas pembangunan SDM, di mana Kabupaten Tanah datar tidak ada anak yang tidak melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri karena keterbatasan biaya atau kurang mampu.

Sebelumnya Kepala Dinas PMPPKB Nofenril mengatakan, mahasiswa yang melakukan KKN di Kabupaten Tanah Datar tersebar di 15  nagari pada 10  kecamatan. Sepuluh kecamatan itu adalah Kecamatan X koto, Batipuh, Batipuh Selatan, Pariangan, Limo Kaum, Rambatan, Padang Ganting, Sungai Tarab, Salimpaung dan Lintau Buo Utara.

Selain mahasiswa dari Unand juga ada Perguruan Tinggi lain yang melakukan KKN di Tanah datar yaitu Universitas Bung Hatta di Kecamatan Lima Kaum dan Pariangan dari tanggal 5 Agustus sampai 5 September 2019, Universitas Eka Sakti di Kecamatan X Koto dan Batipuh, dan IAIN Batusangkar di Kecamatan Batipuh Selatan dan Batipuh dari tanggal 17 Juni sampai 20 Juli 2019 mendatang.

Sementara Wakil Dekan III Fakultas Farmasi Unand Dr. Dedy Almasdy, M.Si, Apt didampingi Koordinator KKN-PPM Kabupaten Tanah Datar Prof. Endang Purwati sampaikan ucapan terimakasih atas penyambutan dan penerimaan mahsiswa untuk melakukan KKN di Tanah Datar. (MG)
 
Top