JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Program Manunggal Air Bersih adalah salah satu program prioritas dari TNI Angkatan Darat dalam ketersediaan air bersih bagi masyarakat, dan merupakan perintah langsung dari Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang kemudian disebut "TNI AD Manunggal Air".

Kodim 0306/50 Kota melakukan pembuatan sumur bor, program TNI Manunggal Air yang berlokasi di Kelurahan Padang Karambia Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh.

Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha mengatakan, program TNI AD Manunggal Air yang dilaksanakan ini merupakan salah satu wujud nyata TNI untuk hadir di tengah masyarakat dan memberikan solusi, dalam memenuhi kebutuhan air bersih, khususnya bagi daerah yang kekurangan air.

"Program TNI Manunggal Air ini tujuannya untuk membantu masyarakat di wilayah yang memang sulit mengakses kebutuhan air bersih demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti memasak, mencuci, maupun minum," katanya, Kamis (18/01/2024) di Payakumbuh.

Ia, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut membantu dan terlibat dalam program TNI Manunggal Air ini. Berharap pelaksanaan pembuatan sumur bor ini, dapat berjalan dengan aman dan lancar hingga selesai nanti.

Yati (43), salah seorang warga sekitar lokasi pembuatan Sumur Bor Program TNI Angkatan Darat menuturkan, selama ini dirinya dan warga lainnya dalam memenuhi kebutuhan air minum yang bersih dan layak dengan memilih air isi ulang walau harus membeli.

Namun tidak semua warga mampu memenuhi kebutuhan akan air dengan cara membeli. Tak jarang dari mereka yang kesulitan ekonomi memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan sehari hari seperti memasak dan kebutuhan air minum, ucapnya.

"Atas nama warga, Kami mengucapkan terimakasih kepada TNI Angkatan Darat melalui Kodim 0306/50 Kota yang sudah mau membuatkan Kami sumur bor. Mudah-mudahan dengan keberadaan sumur bor ini, akan semakin mempermudah Kami dalam mengakses air bersih, dan warga tidak mengalami kesulitan air lagi," tutupnya. (Flo)
 
Top