JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Menindaklanjuti surat resmi Kepala Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi yang menjelaskan peningkatan status Gunung Marapi dari level II (waspada) ke level III (siaga), Bupati Tanah Datar Eka Putra, harapkan kepada seluruh instansi terkait untuk menyiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi.

Hal tersebut disampaikannya pada saat  Rapat  tindak lanjut penanganan erupsi Gunung Marapi, kemarin secara zoom yang diikuti Forkopimda, Sekretaris Daerah, Pimpin OPD dan Camat.

Menurutnya, terkait adanya peningkatan status Gunung Marapi dari level II ke level III, selain mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan kegiatan pada radius 4.5 km dari puncak Gunung Marapi, juga menyiapkan kemungkinan yang akan terjadi ke depannya.

"Berbagai kemungkinan terburuk bisa terjadi dan kita harus siap dengan segala kemungkinan tersebut, untuk itu kepada OPD, Camat dan Wali Nagari agar segera melakukan pemetaan tempat mengungsi dan jalur evakuasi," katanya.

Ia berharap, kepada seluruh pihak yang berwenang untuk selalu update informasi dan memastikan agar masyarakat tidak resah dengan informasi yang tidak benar atau hoax. Kepada masyarakat, juga diminta untuk tetap tenang dan memastikan informasi dari pihak yang berwenang.

"Kepada seluruh pihak  agar menjaga suasana kondusif, serta tidak menyebarkan berita hoax dan tidak terpancing dengan isu yang tidak jelas sumbernya. Selalu mendengarkan arahan dari pihak terkait," harapnya.

Selain itu, Kepada Wali Nagari dan Camat yang berada disekitaran Gunung Marapi juga diminta agar mengingatkan warganya untuk tidak melakukan aktivitas pada radius 4.5 km dari Gunung Marapi dan segera mempersiapkan antisipasi terhadap hal yang berada di luar dugaan.

Selanjutnya, masyarakat yang tinggal di bantaran sungai yang berhulu dari Gunung Marapi juga diimbau agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang mungkin terjadi, terutama disaat musim hujan.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Yusnen mengatakan, berdasarkan pantauan dari BMKG semenjak terjadi erupsi Gunung Marapi pada 3 Desember 2023 lalu telah terjadi 729 kali aktivitas letusan dan hembusan, sedangkan dari 1-9 Januari 2024 telah terjadi 79 kali aktivitas berupa 10 kali letusan dan 69 kali hembusan.

Ia menegaskan pada radius 4 km dari kawah puncak gunung marapi pemungkiman penduduk tidak ada,  kecuali perberkebun masyarakat.

Menurutnya, terdapat 8 kecamatan terdekat yang akan terdampak yaitu Kecamatan X Koto, Batipuh, Lima Kaum, Pariangan, Rambatan, Salimpaung, Sungai Tarab dan Tanjung Baru. (MG)
 
Top