JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Sebagai upaya untuk membentuk karakter kepemimpinan demi mewujudkan generasi muda yang berkualitas, Sertu Gusmel personil Babinsa dari Koramil 01 Payakumbuh Kodim 0306/50 Kota memberikan materi Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Osis SMK Negeri 1 Payakumbuh.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) tersebut diadakan di Nagari Harau Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota, dengan mengusung tema "mewujudkan generasi pemimpin yang berkarakter", Sabtu (20/1/2024).

Dandim 0306 50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha melalui Sertu Gusmel mengatakan, tujuan dari LDKS untuk membentuk kepribadian para peserta didik (OSIS) yang matang dalam memahami kepemimpinan, membentuk personal kepemimpinan pribadi siswa yang hebat dan bertanggung jawab.

"LDKS ini manfaatnya banyak, seperti melatih rasa percaya diri siswa, dan sarana pengembangan diri, diharapkan dapat memiliki karakteristik seorang pemimpin yang memiliki intelektual, serta kreatifititas," kata Sertu Gusmel.

Gusmel berharap para OSIS nantinya dapat menjadi contoh teladan bagi siswa yang lain agar lebih dapat disiplin dan bertanggung jawab, serta dapat menaikkan citra sekolah dan memajukan sekolah.

"Semoga dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) ini diharapkan mampu mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kepribadian dan jiwa kepemimpinan yang kuat," demikian Sertu Gusmel.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Payakumbuh Yunita Rosanti M.Pd mengaku senang dan bersyukur karena dengan LDKS ini siswanya mendapatkan ilmu baru.

"Apalagi Bapak Babinsa nya juga asyik, beliaunya pintar dalam menggiring para siswa untuk mendengarkan materi yang disampaikan, dan para siswa jadi tahu apa itu kepemimpinan," tutupnya. (Flo)
 
Top