JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemerintahan Nagari, pada hakikatnya merupakan pemerintahan terdepan dan merupakan ujung tombak dari segala program Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE,MM usai mengukuhkan Genta Maulana Akbar  menjadi Ketua Forum Komunikasi Wali Nagari (FKWN) Tanah Datar, sekaligus melantik kepengurusan periode 2024-2029 di Aula Kantor Bupati, Pagaruyung, Selasa (23/1/2024).

Turut hadir di kesempatan itu, Wakil Bupati Richi Aprian, SH,MH, ketua DPRD H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu beserta Forkopimda, para asisten dan staf ahli, Pimpinan OPD, Camat dan undangan lainnya.

"Saya sangat apresiasi atas terbentuknya FKWN Tanah Datar sebagai wadah untuk berbagi informasi dan berdiskusi, karena beda nagari tentu berbeda pula masalah yang dihadapi dalam menyukseskan program-program pemerintah daerah. Untuk itu, Saya siap mensupport  dan 24 jam sehari semalam waktu terbuka untuk berdiskusi guna membahas permasalahan warga nagari," kata Bupati Eka Putra.

Eka Putra berharap, FKWN bisa dijadikan tempat berbagi informasi antara sesama Wali Nagari untuk bisa meningkatkan kualitas pengelolaan pemerintahan di daerah masing-masing. Kemudian, agar setiap Wali Nagari mampu memahami tupoksi, hak dan kewajiban serta larangan sebagai Wali Nagari.

"Saat ini merupakan tahun politik, untuk itu Saya ingatkan kepada seluruh Wali Nagari agar selalu menjaga netralitas dan kamtibmas di wilayah masing-masing,” sampainya.

Dikatakan, sehubungan dengan adanya bencana erupsi Gunung Marapi yang berdampak terhadap hasil pertanian di beberapa nagari, Bupati Eka mengimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaannya.

“Silahkan masukkan data lahan pertanian yang gagal panen, karena sampai saat ini baru 90 hektar  yang  terdata. “Untuk itu Saya minta kepada Wali Nagari untuk mengecek ulang data tersebut,” tukasnya.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua FKWN dan mengharapkan ketua beserta seluruh pengurus yang baru mampu menjalankan amanah. Selain itu Bupati juga mengajak untuk bersama-sama mendukung kemajuan pemerintahan Nagari ke depannya.

Sementara itu Ketua FKWN Tanah Datar yang baru dikukuhkan, Genta Maulana Akbar menyampaikan ucapan terima kasih dan atas kehadiran Bupati dalam rangka mengukuhkan FKWN Tanah Datar.

"Terima kasih Pak, mudah-mudahan Kami bisa mengemban tugas dengan baik untuk membantu melaksanakan program-program Pemerintah di tingkat Nagari," katanya. (MG)
 
Top