JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra mengimbau seluruh masyarakat agar tidak melakukan kegiatan pada radius 4.5 km dari puncak Gunung Marapi, usai aktifnya gunung tersebut.

Khusus Kepada Wali Nagari dan Camat yang berada disekitaran Gunung Marapi juga diminta agar mengingatkan warganya untuk tidak melakukan aktivitas pada radius 4.5 km dari Gunung Marapi dan segera mempersiapkan antisipasi terhadap hal yang berada di luar dugaan.

Bupati Eka juga menginstruksikan kepada para Camat, dan Wali Nagari serta seluruh Perangkat Daerah di Tanah Datar untuk saling bersinergi, kompak, dan mengkaji kondisi terburuk, serta rencana kontinjensi bencana Marapi

Selanjutnya, masyarakat yang tinggal di bantaran sungai yang berhulu dari Gunung Marapi juga diimbau agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang mungkin terjadi, terutama disaat musim hujan.

Bupati Tanah Datar Eka Putra juga mengimbau kepada seluruh pihak  agar menjaga suasana kondusif, serta tidak menyebarkan berita hoax dan tidak terpancing dengan isu yang tidak jelas sumbernya, dan selalu mendengarkan arahan dari pihak terkait.

"Saya memohon kepada seluruh Imam Masjid, para Da'i, dan Ulama, agar selalu memandu doa agar kita terhindarkan dari bahaya ancaman letusan gunung Marapi," pintanya. (MG)
 
Top