JA.com, Limapuluh Kota (Sumatra Barat)--Personil Babinsa dari Koramil 07 Kapur IX Kodim 0306/50 Kota Serka Masdodi bersama Dinas PUPR dan dibantu warga masyarakat melaksanakan kerja bakti membersihkan material longsor yang menutupi ruas jalan Pangkalan - Sialang, di Nagari Lubuk Alai, Kecamatan Kapur IX. Jumat. (26/1/2024).

"Longsor terjadi akibat hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi dalam beberapa hari ini mengakibatkan terjadinya longsor yang menutupi badan jalan, sehingga kendaraan roda dua maupun roda empat tidak dapat melewati jalan tersebut," kata Dandim 0306 50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha melalu Serka Masdodi.

Untuk membuka akses jalan tersebut, Babinsa bersama Dinas PUPR dan dibantu warga setempat melakukan gotong royong membersihkan material longsor dengan melibatkan satu unit Eskapator.

Dengan kegiatan itu, ia berharap arus lalu lintas melewati jalan di Nagari Lubuk Alai Kecamatan Kapur IX dapat berjalan normal kembali.

"Saat ini, jalan sudah terbuka dan bisa dilalui pengendara, namun pengguna jalan harus tetap waspada karena bisa saja longsor kembali terjadi mengingat sebab sampai saat ini kondisi curah hujan masih cukup tinggi," ucapnya.

Terpisah, anggota Koramil 07 Kapur IX Serma Edi menyampaikan, salah satu tugas TNI dalam hal ini Babinsa yaitu membantu warga, mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya serta menjadi motor penggerak sehingga warga masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.

"Sesuai perintah dari Bapak Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha, jajaran Koramil melalui Babinsa di lapangan untuk selalu tanggap dan waspada, serta terus memonitor atau memantau perkembangan situasi di wilayah binaan masing-masing bila mana terjadi hal yang tidak diinginkan, termasuk bencana tanah longsor ini sehingga masyarakat bisa lekas terbantu atau tertolong guna mengurangi resiko kerugian yang lebih besar," demikian Serma Edi. (MG)
 
Top