JA.com Tanah Datar (Sumatra Barat)--Menyikapi peningkatan status Gunung Marapi yang statusnya meningkatkan dari level II (waspada) ke level III (siaga), Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Asisten Administrasi Umum Jasrinaldi, Kadis Kominfo Yusrizal dan Kabag Prokopim Dedi Tri Widono laporkan langsung kondisi terkini ke BNPB, belum lama ini di Jl. Pramuka Jakarta Timur.

Ia dan rombongan disambut Sekretaris Utama (Sestama) BNPB Dr. Rustian, S. Si., Apt., M. Kes, bersama Deputi Bidang Penanganan Darurat Mayjend TNI Fajar Setyawan SIP., Inspektur Utama Yulianto, Ak., M.M, Kepala Biro Perencanaan Dra. Andi Eviana, M.Si. Kepala Biro Keuangan Tavip Joko Prahoro,  S.E., M.M, Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Irma Dewi Rismayati, S.IP., M.A. Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat Agus Riyanto, S.T.,  M.M, Direktur Optimalisasi Jaringan Logistik dan Peralatan Ir. Ibnu Asur, MM, dan Kasubdit Pemulihan Sarana Yustam Syahril. M.H.

"Saat akibat erupsi Gunung Marapi, dampak yang dialami oleh masyarakat kami terutama yang berada sekitaran lereng gunung Marapi adalah hujan abu vulkanik. Akibatnya saat ini sudah ada lebih kurang 400 orang warga kami yang terjangkit penyakit radang tenggorokan (ispa), sehingga kami sangat membutuhkan bantuan masker," kata Eka Putra.

Dikatakan, untuk mengatasi kondisi terburuk yang akan terjadi, perlunya beberapa kebutuhan perlengkapan dan kebutuhan yang harus disiapkan dalam waktu dekat ini.

"Seandainya terjadi hal terburuk yang tidak kita inginkan, tentunya kami sangat membutuhkan bantuan berupa tenda pengungsi, masker, dapur umum, logistik, makanan siap saji, obat-obatan, terpal, matras, pakaian dan yang lainnya untuk kebutuhan para pengungsi," tambahnya.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Bupati Eka Putra, Sestama BNPB Dr. Rustian mengatakan, pihaknya membantu dan mendukung sepenuhnya.

"Kami siap membantu, yang terpenting Pak Bupati sampaikan dengan rinci kondisi reel yang terjadi di lapangan, apa saja yang dibutuhkan. Kami akan mendukung sepenuhnya," sampainya.

Dr. Rustian juga menyampaikan agar Pemerintah Daerah Tanah Datar menetapkan Siaga Darurat erupsi Gunung Marapi sejak dini, sehingga seandainya terjadi kondisi terburuk tinggal meningkatkan ke tanggap darurat bencana. (MG)
 
Top