JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat)--Untuk meningkatkan produksi pertanian di Kota Payakumbuh, Walikota Riza Falepi jajaki kerjasama dengan salah satu produsen produk pupuk organik dan pembasmi hama dari Malaysia.
Pertemuan antara Walikota Payakumbuh dengan produsen tersebut berlangsung secara santai di ruang pertemuan Randang Balaikota baru ex. Poliko, kemarin. Dalam pertemuan, walikota menyampaikan ketertarikan terhadap program yang di tawarkan oleh pihak dari Negara Malaysia tersebut.
"Saat ini Kota Payakumbuh butuh teknologi pangan untuk meningkatkan kualitas pangan saat ini, sehingga nantinya Kota Payakumbuh dapat menjadi produsen pertanian terbaik di wilayah Sumatera Barat," kata Riza Falepi.
Selain untuk peningkatan produksi pangan, produk yang di tawarkan dari pihak perusahaan Malaysia tersebut juga ada produk pakan ternak yang dapat meningkatkan berat dan bobot ternak, terutama pada ikan yang tentunya bebas dari bahan kimia seperti pakan yang beredar di pasaran saat ini.
Walikota mengaku akan mempelajari terlebih dahulu produk tersebut dan juga mengajak untuk membangun industri produk pembasmi hama dan penyubur tanaman pangan di Payakumbuh.
Sementara itu Kadis Ketahanan Pangan (Ketapang) Edvidel Arda dalam kesempatan pertemuan mengatakan, untuk sementara akan dicoba dulu di lahan yang disediakan oleh pihak Pemko terutama dari Dinas Ketapang sendiri.
"Jika ada peningkatan hasil pangan setelah pemakaian produk ini maka kita akan tawarkan dan sosialisikan kepada masyarakat untuk dapat di pakai para petani dalam produksi tanam nya," ujarnya.
Produk yang di tawarkan dari negeri jiran itu bebas dari pestisida dan bahan kimia lainnya sehingga sangat bagus untuk produk tani dalam meningkatkan produksi pangan dan terdapat juga produk untuk ternak serta untuk membasmi hama yg menjadi hambatan petani selama ini dalam produksi tanam pangan mereka.
"Yang jelas disini intinya bebas dari pestisida dan bahan kimia yang berbahaya, karena ini bukan pupuk kimia tapi pupuk organik yang ramah lingkungan," tutup Edvidel Arda. (Farhan)

 
Top