JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat)--Dinas Sosial (Dinsos) Kota Payakumbuh membuka kesempatan bagi masyarakat yang berminat untuk mengasuh bayi perempuan yang ditemukan warga di Kelurahan Tanjung Gadang Sungai Pinago, Payakumbuh Barat, Ramadan lalu (2/6). Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinsos Payakumbuh, Idris, kemarin di Payakumbuh.
"Ya, saat ini kami sedang membuka registrasi dan inventarisasi bagi calon orang tua yang akan mengasuh bayi tersebut. Bagi yang berminat silahkan datang ke kantor Dinsos Payakumbuh hingga 16 Juli mendatang," ujar Idris.
Idris menjelaskan, Dinsos akan melakukan proses seleksi bagi calon orang tua yang telah mendaftar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. "Kami mengacu kepada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Surat dari Kepolisian RI per tanggal 26 Juni lalu," tuturnya.
Ketika ditanya kriteria dan persyaratannya, Idris menyuruh calon orang tua langsung datang saja ke kantor Dinsos Payakumbuh. "Nanti bisa ditemui saja Kabidnya Ibuk Friza. Calon orang tua asuh yang mendaftar akan diberi kesempatan untuk melengkapi berkasnya sampai 23 Juli nanti," katanya.
Sekedar diketahui, saat Ramadan lalu warga Kelurahan Tanjung Gadang Sungai Pinago dibuat geger oleh penemuan bayi perempuan yang masih berumur beberapa hari yang diduga dibuang oleh orang tuanya, Minggu pagi (2/6). Lalu, bayi malang itu dibawa ke RSUD Adnaan WD Payakumbuh. Hingga sekarang, sampai proses adopsi selesai, bayi itu dirawat di sana. (Farhan)

 
Top