JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH membagikan  bendera Merah Putih secara simbolis melalui program nasional “Gerakan Pembagian 10 Juta bendera Merah Putih”  dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 77, di pelataran Parkir Pusat Kota Batusangkar,  Kabupaten Tanah Datar, Kamis (4/8-2022).

Nantinya sebanyak 2.450 bendera Merah Putih yang terdiri sebanyak 750 bendera tiang  serta  1700 bendera bagi kendaraan roda dua dan roda empat, dibagikan kepada seluruh masyarakat melalui petugas baik secara door to door maupun di jalan-jalan protokol di kabupaten Tanah Datar.

Dikatakannya, mengibarkan bendera di depan rumah atau memasang bendera di kendaraan, akan mengingatkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, menumbuhkan semangat nasionalisme dan wujud cinta ke Negara Kesatuan Republik Indonesian (NKRI).

"Kita akan menyambut hari kemerdekaan kita pada tanggal 17 Agustus 2022 dengan berbagai kegiatan, tentunya dengan penuh semangat nasionalisme. Melalui semangat inilah, kita kembali membangun kabupaten Tanah Datar untuk jauh lebih baik lagi, apalagi pasca pandemi covid 19 ini," ujar Wabup Richi.

Menurutnya, semangat nasionalisme di cerminkan oleh warga Nagari Barulak, terbukti warga secara ikhlas menyerahkan tanah mereka untuk pembangunan pelebaran ruas jalan Simpang Baso-Piladang.

"Masyarakat Tanah Datar tidak diragukan lagi semangat nasionalismenya, salah satu pembuktiannya di tunjukkan oleh masyarakat Nagari Barulak. Baru-baru ini, Bupati menerima hibah dari masyarakat berupa tanah untuk dibangun jalan. Demi pembangunan mereka tidak menghambat, melainkan menyerahkan harta benda mereka untuk mendukung pembangunan di Tanah Datar, hal ini harus dijaga dan diwariskan ke generasi selanjutnya," tutup Wabup.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Tanah Datar Drs. Herison mengatakan tujuan dari “Gerakan Pembagian 10 Juta bendera Merah Putih”  ialah menumbuhkan semangat nasionalisme, patriotisme dan meningkatkan kesatuan serta persatuan di tengah-tengah masyarakat.

“Melalui program ini, kita berharap secara nasional, setiap masyarakat serentak mengibarkan bendera Merah Putih dalam perayaan HUT RI 77 yang menjadi simbol kesatuan dan persatuan Rakyat Indonesia,” ujar Herison.

Ia menambahkan “Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih” tingkat kabupaten dan kecamatan dilaksanakan dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara pribadi, kelompok, organisasi kemasyarakatan, unsur pemerintahan, BUMN, BUMD, maupun swasta.

“Penggalangan partisipasi akan terus dilakukan, dan akan  didistribusikan secara bertahap kepada masyarakat, menjelang 17 Agustus 2022,” ujar Herison yang saat itu juga dihadiri Forkopimda, Instansi vertikal, Kepala OPD, BUMN, BUMD dan Tamu undangan lainnya. (MG)
 
Top