JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemkab Tanah Datar kembali gelar event alek nagari dalam rangka mewujudkan program unggulan Satu Nagari Satu Event.

Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum gelar Festival Tabek Ganggam (FTG) yang dibuka secara langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, kemarin yang dimeriahkan dengan arakan Bungo Siriah sebagai tradisi adat di nagari tersebut.

Wali Nagari Cubadak Asrizallis sampaikan festival tabek ganggam di pusatkan di kawasan wisata tabek ganggam yang akan dimeriahkan dengan arakan siriah dan tradisi adat salingka nagari. Selain itu, juga akan tampil aneka atraksi seni budaya lokal, suguhan aneka kuliner rakyat, sepeda santai dan lainnya.

Bupati Eka Putra apresiasi masyarakat Nagari cubadak yang telah menghelat event nagari sebagai wujud kecintaan terhadap tradisi adat budaya.

Dikatakannya, salah satu tujuan digelar kegiatan satu nagari satu event ini adalah untuk mendorong kreativitas masyarakat ataupun sanggar yang ada di nagari dalam mendirikan event. Sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke nagari itu.

"Saat ini, laporan dari panitia dari empat perhelatan satu nagari satu event yang telah digelar, telah terjadi perputaran uang kurang lebih Rp 2,5 Miliar dengan jumlah pengunjung 30.000 orang," kata Bupati.

Turut hadir di kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, forkopimda, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Camat, Wali Nagari dan tokoh masyarakat. (MG)
 
Top