JA.com, Pasaman Barat (Sumatra Barat)--Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman Barat dan Forum Pegiat Literasi gelar lomba literasi dalam memeriahkan HUT RI ke-77. Kegiatan ini untuk meningkatkan minat dan bakat literasi generasi penerus di Kabupaten Pasaman Barat, Minggu (14/8) di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Dalam kegiatan tersebut ada 3 cabang lomba yang diadakan yakni Menulis Puisi tingkat SD, SLTP dan SLTA, Membuat Poster Tingkat SD dan SLTP dan Lomba Pembacaan Pembukaan UUD 1945 Tingkat SD, SLTP dan SLTA.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasaman Barat, Muharram mengatakan kegiatan seperti itu sudah lama diidamkan oleh pelajar di Kabupaten Pasbar. Sebab pada beberapa tahun terakhir tidak bisa terlaksana karena pandemi Covid-19. "Alhamdulillah, sekarang kita bisa menggelar kegiatan yang hebat seperti ini," kata Muharram.

Ia menambahkan, kegiatan lomba tersebut digelar berkat kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan Forum Pegiat Literasi (FPL). Ia berharap kegiatan seperti ini yang merupakan sejarah baru bisa berlanjut di masa mendatang.

"Dengan tujuan, kegiatan seperti ini bisa membawa jiwa literasi kita semakin maju dan semakin meningkat. Tentunya kegiatan seperti lebih semarak di masa yang akan datang," katanya.

Lebih lanjut, literasi atau membaca bisa dilakukan dimana saja. Karena mambaca merupakan jendela dunia. Apalagi saat ini Disarpus juga telah menyediakan aplikasi baru yang bisa di download dengan nama Pasbar Membaca.

Sementara itu, Ketua Forum Pegiat Literasi Pasbar Deni Meilizon menjelaskan kegiatan tersebut melibatkan 160 generasi muda Pasbar yang siap ambil bagian menyambut HUT RI ke-77.

"Apalagi yang membuat bangga kegiatan ini pesertanya bukan hanya dari Pasbar saja, ada juga pelajar dari Pasaman," katanya.

Ia berharap kegiatan seperti itu bisa berlangsung dengan aman dan lancar. Karena tujuan utama diadakan lomba literasi untuk meningkatkan minat dan perhatian generasi muda terhadap literatur. "Karena literasi itu terus bergerak, itu yang kita harapkan," ujarnya. (WZ-MG)
 
Top