JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar Eka Putra secara resmi mencanangkan Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan sebagai Nagari Tahfiz yang ditandai pelepasan balon dan penandatangan prasasti.

Kegiatan itu turut disaksikan beberapa kepala OPD terkait, Camat Rambatan, Forkopimca, Wali Nagari se Kecamatan Rambatan, Ketua Rumah Da'i Nasional (RDN) dan undangan lainnya, Sabtu (27/8/2022) di lapangan Bengkawas Simpang Empat Nagari Balimbing.

"Pencanangan Balimbing sebagai Nagari Tahfizh merupakan sebuah niat suci yang muncul dari masyarakat setempat, dan sejalan dengan Progul Tanah Datar, karena itu tentunya Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh panitia, tokoh serta masyarakat yang mendukung keinginan itu," katanya.

Dikatakannya, Nagari Balimbing, Kecamatan Rambatan memang pantas dan sepatutnya dicanangkan sebagai Nagari Tahfizh.

"Sebulan sebelum prosesi pencanangan ini, Saya bertanya kepada panitia, apakah di nagari Balimbing sudah banyak terpasang stiker Satu Rumah Satu Hafizh, Alhamdulillah, hari ini Nagari Balimbing terbanyak terpasang. Tentunya pencanangan ini pantas dilaksanakan," jelasnya.

Eka berpesan, jangan sampai lengah jadikan kegiatan hari ini sebagai awal untuk lebih baik dan lebih banyaknya anak generasi Nagari Balimbing untuk hafiz Al Qur'an dan terpasang stiker di rumahnya.

"Insya Allah, bulan Oktober nanti bertepatan dengan Wakaf 1001 Hafizh Tanah Datar di Pagaruyung, Saya akan memberikan reward atau penghargaan kepada Nagari ataupun Kecamatan yang memasang stiker Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah. Jangan lengah karena dengan waktu cukup lama, tidak tertutup kemungkinan nagari atau kecamatan lain akan melebihi apa yang dicapai Nagari Balimbing hari ini," pesan Eka.

Ketua Pelaksana Wakaf Hafizh Ke 1 Tahun 2022 dan Alek Nagari Seni dan Budaya se Nagari Balimbing Deni Permana menyampaikan, kegiatan hari itu sebagai bukti dukungan nyata masyarakat Nagari Balimbing terhadap Progul Tanah Datar.

"Seleksi wakaf ini telah dilaksanakan sebulan lalu dan hari ini mewisuda santriwan santriwati yang dinyatakan lulus. Kegiatan ini sebagai bukti masyarakat mendukung Progul Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah yang dicanangkan Pemkab Tanah Datar," katanya.

Disampaikan Deni, peserta wakaf 1 yang dinyatakan lulus tes diikuti 225 santriwan dan santriwati dan 107 orang telah dipasangi Stiker Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah.

"Alhamdulillah, tes berjalan aman dan baik berkat dukungan semua pihak, terima kasih atas sumbangsihnya, semoga dinilai ibadah oleh Allah SWT," sampainya.

Sementara itu, Wali Nagari Balimbing, Kecamatan Rambatan A Dt. Bagindo Basa, ia mewakili Pemerintah Nagari menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua panitia dan dukungan masyarakat terhadap kegiatan Wakaf Hafizh 1.

"Alhamdulillah, dukungan masyarakat sungguh luar biasa, terima kasih atas dukungan semua pihak," ujarnya.

A. Dt. Bagindo Basa menambahkan, kegiatan hari itu juga menggelar berbagai even budaya dan adat salingka Nagari Balimbiang yang juga selaras dengan Program Satu Nagari Satu Even.

"Nanti malam juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan adat dan budaya seperti tari pasambahan dan sekapur sirih, Bakolah Sabalum Makan, Kasidah, Pidato Adat, Randai dan Saluang. Ini juga sejalan dengan Progul Pemkab Tanah Datar untuk melestarikan adat dan budaya salingka nagari," tukasnya.

Di kesempatan itu Bupati Tanah Datar juga menerima sumbangan Al Qur'an dan Iqra' dari RDN secara simbolis yang kemudian diserahkan kepada panitia pelaksana Waqaf Hafizh 1 Nagari Balimbing. (MG)
 
Top