JA.com, Pasaman Barat (Sumatra Barat)--Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disarpus) Kabupaten Pasaman Barat berkolaborasi dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (KKKS) Kecamatan Pasaman, menggelar lomba bercerita dan menggambar tingkat Sekolah Dasar (SD) se- Kecamatan Pasaman. Dalam lomba tersebut sebanyak 38 SD yang ada di Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat ambil bagian.

Lomba tersebut digelar untuk memeriahkan HUT RI ke-77. Lomba yang digelar di kantor Disarpus itu dibuka pada Senin (15/8) oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Muharram.

Muharam menjelaskan jika kegiatan tersebut digelar berkat kolaborasi dengan dinas pendidikan dalam hal ini yakni kepala sekolah dan guru-guru.

"Ini bukan kegiatan satu pihak saja, namun ini kegiatan pemerintahan daerah, kolaborasi yang kita lakukan, sehingga bisa menghasilkan suatu kegiatan yang bermanfaat," kata Muharram.

Apalagi lanjutnya, kegiatan yang digelar sangat besar artinya bagi generasi muda Pasbar terutama tentang peningkatan literasi. Sehingga dalam menyambut kemerdekaan RI ke-77 tersebut, digelar lomba bercerita tentang pahlawan.

"Kegiatan ini bertujuan agar generasi muda Pasbar lebih meningkatkan rasa nasionalisme. Mereka akan banyak tahu tentang perjuangan bagaimana memperoleh kemerdekaan RI Indonesia ini. Dari sana mereka paham bahwa memperoleh kemerdekaan ini tidak mudah dan penuh perjuangan serta pengorbanan," ungkapnya.

Ia juga meminta kepada pelajar agar bisa meningkatkan literasi di rumah. Setelah menjalani program Pemerintah Daerah tentang magrib mengaji dilanjutkan dengan membaca buku. (WZ-MG)
 
Top