JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)-Sedikitnya 29 Tim utusan 16 Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat bakal berlaga di Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Bola Voli yang dilaksanakan 10 sampai 16 Agustus di Batusangkar, Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Bupati Tanah Datar yang juga Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Provinsi Sumbar Eka Putra mengatakan, Kejurprov dilaksanakan untuk mencari bibit potensial untuk mewakili Provinsi Sumbar untuk Pra Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh.

"Sengaja pelaksanaan Kejurprov ini kita laksanakan tahun ini, agar persiapan tim Bola Voli Sumbar semakin kuat dan solid untuk mengikuti Pra PON di Sumut dan Aceh dilaksanakan 2024 nanti," kata Bupati Eka Putra, Rabu (10/8/2022) di auditorium UIN Mahmud Yunus Batusangkar pada pembukaan Kejurprov tahun 2022.

Dikatakan Bupati, pelaksanaan Kejurprov tidak sekedar bertujuan untuk jadi juara, namun untuk mencari dan menyaring bibit potensial untuk tergabung dalam tim bola voli Sumbar untuk memenuhi target bisa tampil di Pra PON tahun 2024 nanti.

"Dengan Kejurprov ini diharapkan muncul bibit atlet bola voli potensial dari Kabupaten/Kota, yang kemudian diasah, baik mental ataupun kemampuan sehingga nantinya bisa mengharumkan nama Sumbar pada Pra PON 2024 nanti," sampai Eka.

Terlepas itu semua, tambah Eka, kepada wasit dan hakim diharapkan bertindak adil dan para atlet diharapkan juga bertanding secara maksimal dan sportif serta tetap memperhatikan kesehatan dan kondisi fisik agar tetap prima.

"Istirahat dan asupan makanan dengan gizi yang cukup agar kondisi tetap terjaga, dan jangan lupa juga untuk berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Tanah Datar," pesannya.

Sementara Ketua Pelaksana sekaligus Ketua PBVSI Tanah Datar Syahrial mengatakan, sebanyak 29 tim yang berlaga terbagi 16 tim Putra dari 16 Kabupaten/kota dan 13 tim putri dari 13 Kabupaten/kota.

"Tim akan dibagi dalam 4 pool putra dan 4 pool putri yang bakal bertanding dari 10 sampai 16 Agustus 2022, dan esok akan dilaksanakan juga di lapangan bola voli komplek kantor Bupati," sampainya.

Selepas acara pembukaan dilanjutkan dengan pertandingan tim putra yang mempertemukan antara Tim Tanah Datar melawan tim Lima Puluh Kota yang dimenangkan Tim Tanah Datar dengan Skor 3 - 1, yakni 25-23, 25-8, 23-25 dan 15-25.

Adapun pembagian Pool Tim Putra adalah :

Pool A, Kabupaten Tanah Datar, Limapuluh Kota, Kota Pariaman dan Padang Panjang.

Pool B Kabupaten Agam, Solok, Sijunjung dan Pasaman Barat.

Pool C Kabupaten Dharmasraya, Kota Solok, Bukittinggi dan Kabupaten Padang Pariaman.

Pool D Kabupaten Pasaman, Kota Payakumbuh, Sawahlunto, dan Padang.

Tim Putri

Pool A Kabupaten Tanah Datar, Padang Pariaman, Kota Solok dan Payakumbuh.

Pool B Kabupaten Pasaman Barat, Sijunjung dan Agam.

Pool C Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang dan Kabupaten Pasaman.

Pool D Kota Pariaman, Bukittinggi, dan Padang Panjang.

Turut hadir Wakil Bupati 2015-2021 Zuldafri Darma, Sekda Tanah Datar, Asisten I dan II, Wakil Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Kepala OPD dan undangan lainnya. (MG)
 
Top