JA.com, Limapuluh Kota (Sumatra Barat)--Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo pimpin langsung Serah terima jabatan (Sertijab) Camat Gunuang Omeh, Kamis (4/8-2022) di Monumen Nasional Bela Negara, Koto Tinggi. Sertijab digelar antara Camat lama Gusni Hendrix ke pejabat yang baru M. Rifki.

Hadir pada kesempatan itu, Anggota DPRD Doni Ikhlas dan Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, Kepala DPMD/N Endra Amzar, Kepala Satpol PP Fidria Fala, Plt Kepala Dinas PUPR Rilza Hanif, beserta tokoh masyarakat Kecamatan Gunuang Omeh.

Bupati Safaruddin mengatakan, lancarnya roda pemerintahan Kecamatan terwujud jika terdapat segitiga sinergitas Camat, Forum Komunikasi Pimpinan
Kecamatan (Forkopimca) dan Wali Nagari.

"Camat punya kewenangan didaerahnya untuk mengkoordinir pemberdayaan masyarakat, ketentraman dan ketertiban umum, penerapan kebijakan daerah, pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum. Untuk itu, diharapkan Camat menyiapkan manejemen pelayanan publik yg efektif untuk mengakomodir kebutuhan warga di wilayahnya," katanya.

Ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pejabat lama Camat Gunuang Omeh Gusni Hendrix beserta jajaran atas dedikasi yang ditunjukkan selama bertugas.

"Semoga upaya yang anda perjuangkan selama ini dalam membantu mewujudkan visi daerah diberikan pahala dan dibalas kebaikan," tandas Bupati Safaruddin.

Tidak hanya sampai disitu, peran camat dibutuhkan dalam mencegah paham-paham radikal yang dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Radikalisme dan Terorisme tidak hanya jadi ancaman laten saat ini, tetapi sudah jadi ancaman nyata bagi stabilitas negara," ujarnya.

Kepada Camat baru M Rifki ia meminta untuk peningkatan manajemen pelayanan publik dan gagasan inovasi pelayanan publik di wilayah kecamatan sehingga pelaksanaan pelayanan akan lebih bermutu, efektif dan efisien dapat diwujudkan.

Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Doni Ikhlas mengatakan, dengan pengalaman Camat Rifky yang malang melintang bertugas di Kecamatan dapat bersinergi dalam mewujudkan kecamatan Gunuang Omeh terdepan dalam pembangunan kedepan.

"Kami optimis Gunuang Omeh akan maju kebijakan dengan kebijakan-kebijakan yang akan dilahirkan Pak Camat Rifky nantinya," kata Doni Ikhlas.

Ketua TP PKK Limapuluh Kota Nevi Safaruddin berpesan kepada Ketua TP PKK Kecamatan Gunuang Omeh yang baru dapat menjalankan program-program prioritas PKK Kabupaten Limapuluh Kota dengan baik utamanya program Prioritas PKK di bidang parenting, usaha peningkatan penghasilan keluarga, Aku Hatinya PKK, keluarga sehat tangguh, tanggap siaga bencana. (MG)
 
Top