JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Dalam rangka memberikan motivasi dan sekaligus pemberian reward bagi para kader PKK yang telah bekerja secara ikhlas dan sukarela disetiap nagari yang muaranya juga sebagai bentuk menggebyarkan Gerakan PKK dengan 10 Progam Pokok PKK itu sendiri, Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok Selatan telah melaksanakan kegiatan seleksi kader PKK Berprestasi Tahun 2019.

Kegiatan seleksi kader PKK Berprestasi yang di ikuti oleh lebih kurang 148 orang kader PKK dari Kecamatan dan Nagari se-Solok Selatan yang digelar selama dua hari penuh, dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Solok Selatan, Ny Hj. Suriati Muzni Zakaria yang diwakili Wakil Ketua, Ny. Il Epli Rahmat di aula Sarantau Sasurambi kantor bupati setempat pekan lalu.

Menurut Ketua TP PKK Solsel, kegiatan seleksi ini juga bagian dari persiapan kontingen PKK Solok Selatan yang akan menuju jambore kader PKK Berprestasi dan Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan di gelar di Kabupaten Tanah Datar, 17 Juni hingga 20 Juni 2019

Kegiatan seleksi kader kali ini diakui terkesan sangat mepet waktunya dengan pelaksanaan yang sama di tingkat Provinsi. Hal ini disebabkan oleh berbagai agenda yang mesti dilaksanakan oleh kader PKK disetiap jenjang kepengurusan
yang ada.

Bahkan salah satu penyebab, kita hanya melaksanakan seleksi kader untuk persiapan kegiatan jambore kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi tahun ini, adalah karena dekatnya jadwal kegiatan untuk lomba provinsi dengan pelaksanaan ibada puasa, pada tahun ini,”  terang Ny. Il Epli Rahmat.

“ Meski demikian, kami yakin, para kader yang sudah melaksanakan 10 program pokok PKK dilapangan, tentu kegiatan seleksi kader kali ini, adalah bagian dari sebuah kegiatan evaluasi terhadap capaian program yang sudah dilaksanakan,” terang Ny. Il Epli Rahmat.

Artinya seleksi kali ini tentu bagian dari gambaran terhadap pelaksanaan program yang sudah dilakukan oleh masing-masing kader di setiap nagari yang di implementasikan dalam berbagai lomba program dan out bond, kata Ny. Il Epli Rahmat.

Sementara itu, panitia pelaksana kegaitan seleksi kader PKK Berprestasi tingkat Kabupaten Solok Selatan dikesemaptan itu berharap, agar kegiatan seleksi kader kali ini dapat pula dijadikan momentum silahtuhrahmi antar sesama kader dengan berbagai unsure pengurus PKK disetiap tingkatan di daerah ini.

Pelaksanaan seleksi kader ini, selain menjaga keharmonisan hubungan kader, juga ajang evaluasi program kegiatan dalam rangka perwujudan usaha peningkatan kesejahteraaan keluarga sebagai bagian dari mitra kerja Pemerintah.

“ Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga dari tahun ke tahun telah memperlihatkan dampak yang positif sebagai mitra kerja Pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga, terutama dalam usaha meningkatkan kualitas sumberdayamanusia sebagai insan pembangunan yang berkualitas, terang Sekretaris Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok Selatan Afrizal A pada sambutannya selaku panitia pelaksana seleksi kader PKK Berprestasi Tahun 2019.

Rangkaian kegiatan seleksi kader PKK Berprestasi tahun 2019 selama dua hari itu, ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Bet Yulian Efi  itu, menghasilkan, juara 1 lomba ekspos Ketua TP PKK Kecamatan, dari Kecamatan Sangir.

 Sedangkan juara 2 dan 3, dari Kecamatan Sangir Batang Hari dan Kecamatan Pauh Duo. Untuk lomba program Pokja 1 tentang Pola Asuh Anak dan Remaja, juara 1, Nagari Luak Kapau, juara 2 dan 3, Nagari Persiapan Pakan Rabaa Duo dan Nagari Sungai Kunyit.

Sementara itu, lomba bermain peran program Pokja III, juara 1, Nagari Pakan Rabaa, Nagari Pasir Talang Barat (juara 2) dan Nagari Sungai Kunyit (juara 3), berikut untuk lomba stand up comedi program pokja IV, juara 1 diraih Nagari Talunan, juara 2, Nagari Pakan Rabaa, dan Juara 3, Nagari Sungai Kunyit.

Adapun untuk kegiatan out bont, pemenang out bond berjalan dalam lingkaran Koran diraih, juara I Nagari Talunan Maju ,Nagari Lubuk Gadang Timur (juara 2), dan Nagari Sitapus (Juara 3), sedangkan lomba out bont makan pisang, juara 1 diraih Nagari Pakaran Rabaa Utara Duo, Nagari Pakan Rabaa (juara 2) dan Nagari Luak Kapau (Juara 3). (sudir)*
 
Top