JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemkab Solok Selatan (Solsel) mengusulkan sebanyak 421 formasi pengadaan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (MenPANRB) untuk tahun 2019.

Dari 421 formasi yang diusulkan itu, 300 di antaranya merupakan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan 121 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Usulan pengadaan ASN 2019 itu sudah dikirim ke MenPANRB. Namun jumlah usulan itu belum final. Sesuai arahan pimpinan kami sedang mengupayakan tambahan usulan formasi," kata Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Aparatur (PPA) Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solsel, Admi Zulkhairi.

Rincian formasi yang telah diusulkan jelasnya, untuk 300 PPPK yaitu, tenaga guru sebanyak 84 formasi, tenaga teknis atau fungsional sebanyak 161 formasi dan tenaga kesehatan satu formasi.

 Sedangkan, untuk formasi 121 CPNS terdiri dari tenaga teknis 81 formasi, tenaga guru dan tenaga kesehatan masing-masing sebanyak 20 formasi.

Sementara untuk formasi tambahan sebagaimana arahan pimpinan daerah Solsel kata Admi, adalah formasi PPPK untuk pemadam kebakaran. Pihaknya berencana dalam Minggu ini akan menyurati Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar mengizinkan tenaga pemadam kebakaran ikut tes PPPK tahap II.

"Jadi jumlah usulan final akan diupayakan hingga Rabu besok. Kami masih berusaha agar formasi PPPK untuk pemadam kebakaran diizinkan untuk ikut tes PPPK tahap II," jelasnya.

Sementara itu, Sekkab Solsel, Yulian Efi menambahkan, berapa formasi yang disetujui nantinya tergantung pada pemerintah pusat. Untuk kepastian apakah formasi pengadaan ASN yang dibuka tahun 2019, akan sama dengan usulan dari daerah, itu akan ditentukan kembali MenPANRB.

"Usulan sudah melalui kajian. Tetapi untuk kepastian, berapa formasi yang diberikan dan formasi apa saja, keputusannya ada di Pusat (MenPANRB, red). Nanti juga akan ada verifikasi. Yang jelas, sementara baru usulan," katanya.

Usulan formasi yang disampaikan Pemkab Solsel sambungnya, sudah sesuai dengan surat dari MenPANRB nomor B/617/M.SM.01.00/2019 tentang pengadaan ASN 2019. Berdasar surat itu Pemerintah Daerah diminta membuat pengajuan usulan rekrutmen CPNS menggunakan sistem zero growth atau sesuai jumlah PNS yang pensiun tahun 2019, ditambah formasi yang kosong saat rekrutmen CPNS tahun 2018 lalu.

"Sesuai petunjuk surat dari MenPANRB tersebut, tahun ini ada 67 PNS yang BUP (Batas Usia Pensiun) di lingkungan Pemkab Solsel.

Ditambah sekitar 200 lebih formasi yang kosong saat rekrutmen CPNS 2018 lalu. Jadi, diusulkanlah pengadaan 421 ASN, terdiri dari 121 CPNS dan 300 PPPK," ujarnya. (s u d i r)*
 
Top