JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Kopri Tanah Datar bersama jajaran TNI/Polri gelar wirid di Masjid Nurul Amin Pagaruyung, Jum’at (28/6), kemarin. Tampil sebagai penceramah, Imam Masjid Alqarawy Makkah Al Mukarramah Utadz H. Abu Muslim Lc, MA.

Dalam tausiahnya Ustadz Muslim mengajak umat Islam untuk membiasakan membaca Alquran. Tujuannya, agar bisa sering Watan dan tentunya hapal Al-Quran.

“Mari luangkan waktu untuk membaca Alquran. Kita dikasih waktu untuk khatam Alquran maksimal 40 hari, itu untuk yang sibuk, jika tidak sibuk bisa khatam dalam 1 bulan, 2 minggu atau 1 minggu,” tegas Ustadz Abu Muslim, yang juga bekerja sebagai penerjemah di Kantor Dakwah Makkah Kerajaan Saudi Arabia.

Pada kesempatan itu, Ustadz Abu Muslim juga memberi tips agar anak bisa menjadi hafiz Al quran . “Kuncinya adalah tanamkan dalam diri menghafal Alquran itu mudah, itu bukan kata saya, tetapi sudah termaktub dalam Alquran, Allah turunkan Alquran yang mudah untuk diingat,” ujarnya.

Selain itu, Ustadz Abu yang juga Pembina Yayasan Alquran Payakumbuh mengingatkan anak harus dijauhkan dari pengaruh televisi dan smartphone serta perlu bimbingan guru khusus dan ketauladan orang tuanya.

Lebih lanjut, Ustadz Abu Muslim menyampaikan kisah ketinggian akhlaq yang dimiliki Nabi Muhammad SAW. Terbukti, Tsamamah Ibnu Utsal petinggi dari negeri  Alyamamah, musuh besar Islam, akhirnya masuk Islam setelah melihat secara langsung kemuliaan akhlaq Rasul dan ketauladanannya. (MG)
 
Top