JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Bupati Kabupaten Tanah Datar Irdinasyah Tarmizi Silaturahmi dengan perantau
Ikatan Keluarga Lintau Buo (IKLB) Kota Pekanbaru di Gelanggang Remaja Kota Pekanbaru, Minggu (30/6).

Silaturahmi dimaksud dalam rangka memanfaatkan momentum Halal Bi Halal Idul Fitri 1440 H. Pada kesempatan itu, Bupati Irdinansyah Tarmizi sampaikan capaian pembangunan yang sudah dilaksanakan di kampung halaman.

"Pembangunan bisa terlaksana karena didukung 3 pilar yaitu pemerintah, masyarakat dan perantau. Oleh karena itu, pantas kiranya saya yang diamanahkan bersama Bapak Zuldafri Darma untuk memimpin Tanah Datar melaporkan kepada perantau perkembangan pembangunan," ungkap bupati saat halal bi halal akbar .

Tanpa kontribusi perantau tegas bupati, pembangunan Tanah Datar akan lumpuh. Perantau punya peran besar untuk kemajuan Tanah Datar.

"Sudah banyak hasil pembangunan yang kita rasakan bersama khususnya buat masyarakat hasil dari kontribusi dan peran perantau," tutur bupati.

Sebut saja Sentra Tenun di Tigo Jangko sebagai sentra tenun terbesar di Indonesia, Hotel Emersia hotel bintang 4 pertama di Tanah Datar, Posdaya buat lansia, pembangunan pasar nagari, masjid, rumah tahfiz, bantuan beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan kebersamaan itu sampai bupati, Tanah Datar berhasil meraih beberapa penghargaan di antaranya Piala Wahana Tata Nugraha, Piala Adipura, Opini WTP dan Tanah Datar juga dinobatkan sebagai kabupaten terbaik di Indonesia dalam perencanaan dan capaian pembangunan.

Prestasi Juara Umum MTQ Nasional ke-38 Tingkat Sumbar beberapa waktu lalu juga sebuah capaian luar biasa. Tradisi juara umum yang selalu dipegang Padang diputus Tanah Datar.

"Dari 9 peringkat satu yang kita raih, 5 adalah dari cabang tahfiz. Ini buah dari tekad kita menjadikan Tanah Datar sebagai kabupaten tahfiz,” urai bupati.

Di kesempatan itu bupati juga mohon dukungan perantau untuk pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) tahun 2022. “Tanah Datar bersama Kota Padang Panjang sedang berjuang untuk menjadi tuan rumah bersama Porprov tahun 2022, untuk itu perlu dukungan perantau agar ini bisa terwujud,” harap bupati.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani juga menyampaikan apresiasinya. “Menjalin silaturahmi adalah perintah agama, bagi yang menjaga silaturahmi akan dimudahkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya,” sampainya yang juga hadir bersama Anggota DPRD lainnya Jonnedi dan Istiqlal.

Senada denga itu Walikota Pekanbaru yang diwakili Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Hj. El Syabrina memuji kekompakan perantau Lintau IX Koto.

"Perhatian perantau Lintau IX Koto terhadap tanah leluhur tidak berkurang tanpa mengenyampingkan kontribusi terhadap Kota Pekanbaru itu sendiri,” ucap Hj. El.

Ketua IKLB Pekanbaru H. Parisman Ihwan menyebutkan, kegiatan ini berkat kerjasama banyak pihak. Dinamakan halal bi halal akbar karena tidak hanya diikuti perantau IKLB tetapi juga diikuti Gapensi, Kadin, Forki Provinsi Riau, IKB SMP 5 Pekanbaru dan Keluarga Besar Petarung.

"Tujuannya, bisa saling kenal sesuai tema yang kita angkat, dengan silaturahmi dalam keberagaman kita tingkatkan ukhuwah Islamiyah,” simpul H. Parisman. (MG)
 
Top