JA.com, Payakumbuh (Sumatera Barat)--Kecelakaan yang menimpa 1 unit mobil pribadi Inova masuk jurang terjadi di wilayah perbatasan Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Agam kemarin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh turut mengerahkan personelnya. Para personel terus melakukan pencarian sampai Rabu (12/6) siang.

"Kita masih melakukan pencaharian pakai perahu karet, dengan menyusuri aliran Batang Agam sampai ke jembatan Tembok (Perbatasan Limapuluh Kota-Tanah Datar-red). Sebayaknya 15 personel BPBD Payakumbuh yang dikerahkan," kata Kepala BPBD Payakumbuh melalui Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, An Denithral Rabu (12/6) di Payakumbuh.

Denithral yang didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik, Atrimon mengatakan, sebanyak 15 personel tersebut bergabung dengan tim SAR yang terdiri dari personel TNI, Polri, BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, BPBD Kabupaten Agam, PMI, para relawan dan masyarakat yang turut melakukan pencarian.

"Dalam hal ini kami sebagai anggota tim saja. Personel kami yang naik perahu ada 4 orang yaitu Alex, Sony, Doni dan Con. Sedangkan yang lain menyisir pinggiran Batang Agam," ucapnya.

Personel BPBD Payakumbuh melakukan penyisiran dari sisi Batang Agam mulai dari Pesong, Ngalau Sasak (Limapuluh Kota), Jembatan Tembok, Batu Kudo (Tanah Datar), kawasan Situjuah Tungka, Selasa kemarin (12/6). "Kalau hari ini penyisiran dilakukan dari jembatan Kantor Camat Payakumbuh Barat ke arah jembatan  Ibuah," ucap Denithral.

Pencarian korban bukannya tanpa kendala. Kendala cuaca yang kadang turun hujan lebat sehingga membuat arus Batang Agam meningkat dan deras, tak membuat semangat personel BPBD Payakumbuh untuk terus menyisir. "Mohon doa kawan-kawan semua agar korban segera ditemukan," pintanya.

Sekedar mengingatkan, kecelakaan tunggal minibus Innova terjun ke jurang sedalam 30 meter di kawasan PLTA Batang Agam, Minggu (9/6) sekitar pukul 23.00 WIB. Tepatnya, di Jorong Titih, Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam. Di dalam mobil naas itu, ada 10 orang penumpang. Saat ini, tim SAR sudah berhasil mengevakuasi 9 korban. Satu korban lagi masih dalam pencarian. (Farhan)
 
Top