JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Hari pertama masuk kerja usai libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mengikuti apel gabungan di halaman kantor Bupati, Senin (10/6).

Bupati Solsel, H. Muzni Zakaria saat memimpin apel tersebut  mengatakan, kehadiran ASN pada pertama masuk kerja usai libur lebaran sangat memuaskan. Hal ini dapat dilihat dengan tingkat kehadiran pegawai mencapai target hampir 100 persen.

“Alhamdulillah dari laporan pada apel pagi hari ini semua hadir lengkap,” ungkap Bupati Muzni.

Usai melaksanakan apel gabungan, Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Para Asisten dan kepala OPD yang ditunjuk menggelar sidak kehadiran ASN dengan mendatangi langsung ke kantor masing-masing OPD.

Ada tujuh tim yang dibentuk Dinas BKPSDM untuk melakukan sidak kehadiran ASN. Bupati Solok Selatan bersama Kepala BKPSDM, Kasat Pol PP, dan Irban (inspektur bantuan) II Insektorat tergabung dalam tim 1, Tim 2 dipimpin oleh Wakil Bupati, Tim 3 dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Tim 4 dipimpin oleh Inspektur, Tim 5 dipimpin oleh Asisten I, Tim 6 dipimpin Asisten II dan Tim 7 dipimpin Asisten III.

Dari hasil sidak Tim I ke 10 OPD diantaranya Disdukcapil, BKPSDM, BPKD, Perpustakaan dan Arsip, Pariwisata, PolPP Damkar, Koperindag UKM, BPBD, DP2KBPPPA, dan Dinsos PMD, terlihat kehadiran ASN sangat memuaskan.

Hanya ada dua ASN yang tidak hadir dengan alasan cuti melahirkan dan sakit yaitu di Dinas Dukcapil dan BPBD.

Bupati Muzni mengapresiasi kehadiran ASN dan ia meminta agar kehadiran ASN seperti ini  hendaklah dipertahankan.

Ia juga menginstruksikan agar seluruh ASN langsung kerja, khususnya dibidang pelayanan publik yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Sementara itu, Kepala BKPSDM, Erwin Ali menyebutkan, sesuai aturan hari ini adalah hari masuk kerja dan tidak ada alasan bagi ASN untuk tidak masuk kerja.

“Disamping itu, hasil keseluruhan absensi ASN hari ini akan langsung dikirim ke Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai bentuk pertanggung jawaban,” ujarnya.

Setelah mengikuti apel dan sidak pegawai, para ASN juga menggelar halal bi halal yang dipimpin Bupati Solok Selatan di Aula Kantor Bupati pada siang harinya.(humas/sudir).*
 
Top