JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menghadiri gelaran Pacu Kuda di Lapangan Ambacang, Kota Bukittinggi, Minggu (29/12).

Wali Kota Riza Falepi disambut Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias beserta jajaran Forkopimda dalam menyaksikan iven yang berlangsung satu hari dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Bukittinggi itu.

"Selamat datang Wali Kota Payakumbuh dalam gelaran Pacu Kuda dalam memeriahkan ulang tahun kota kami, semoga betah dan menikmati jalannya pacu kuda di Kota Wisata Bukittinggi," katanya

Tahun depan Alek Pacu Kuda akan digelar di Kota Payakumbuh pada Februari 2020, sedangkan untuk bulan Maret di Bukittinggi, dan bulan April di Kota Padang.

"Alek pacu kudo sangat menguntungkan bagi pengembangan peternakan kuda kita di Sumatera Barat, bahkan peternak kuda dari Jawa saja berminat dengan bibit-bibit kuda kita," kata Ramlan Nurmatias.

Wali Kota Riza Falepi mengatakan, sebagai olahraga tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan Rasulullah SAW juga menganjurkan olahraga berkuda, pacu kuda diharapkan agar terus dilestarikan, di setiap kota/kabupaten di Sumbar, pacu kuda tidak lepas dari peran pemuda setempat bersama tokoh masyarakat seperti niniak mamak.

"Selaku pemerintah kita sangat mendukung alek pacu kuda, bahkan di Payakumbuh selain sudah masuk ke kalender pariwisata, alek pacu kuda yang diadakan anak nagari juga kita support penuh," pungkas Riza. (Farhan)
 
Top