Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.ik MH tengah menyiram sisa-sisa material longsor di akses Jalan Sialang, Tungkar (Lima Puluh Kota)-Situmbuk, Tanah Datar.

JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Banyak terdengar kabar bencana dari berbagai daerah di Sumatra Barat ini, beberapa waktu belakangan ini. Bertubi-tubi, bahkan tidak pernah berhenti mendengar bencana dari berbagai daerah.
Di luak limopuluah sendiri contohnya, hujan badai, tanah longsor, banjir bandang dan lain sebagainya.

Polres Kota Payakumbuh menyiapkan puluhan bahkan ratusan personilnya untuk lansung terjun dan membantu di lapangan. Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan S.Ik, MH lansung memimpin aksi bersih-bersih bekas longsor di Jorong Sialang, Nagari Tungkar, Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Bencana itu, sempat memutus akses jalan Sialang Kabupaten Limapuluh Kota dan Situmbuak Kabupaten Tanah Datar, Kamis Malam (19/12) kemarin.

Pantauan jurnalandalas.com menyebut kan, para Kasat, Kabag, Kanit dan ratusan pesonel Polres Payakumbuh lainnya ikut bahu-membahu membersihkan bekas longsor yang juga mengenai beberapa rumah warga. Di bawah komando AKBP Donny Setiawan, S.Ik, MH semuanya terlihat bercucuran keringat dan dan pakaian yang di penuhi lumpur.

Warga setempat sangat berterima kasih atas inisiatif dan kepedulian Polres Payakumbuh, "kami terharu, kaget dan bangga kepada Polres Payakumbuh. Karena langsung turun membersihkan jalan sehingga kami bisa bekerja kembali," kata Wali Nagari Tungkar Yusrizal Dt Pado.

Dikatakan Y. Dt Pado, kejadiannya sejak ba'da alias siap Salat Jum'at hingga ba'da ashar Jumat (20/12), kini area tersebut telah bisa dilalui warga, namun harus tetap berhati - hati. Selain jalanan masih licin, longsor susulan juga mungkin terjadi karena kontur daerah yang berada di pinggang bukit, dan hujan masih terus turun.

Kapolres Payakumbuh melalui Kasat Intelkam Iptu Luhur Fachri Utomo didampingi Paur Humas Ipda Aiga Putra, SH menghimbau warga apabila terjadi bencana, agar segera melaporkan kepada pemerintah jorong, nagari dan Polsek terdekat. "Sehingga ketika terjadi bencana dapat kita ambil langkah penyelamatan," demikian Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan S.Ik, MH. (Farhan)
 
Top