JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintah Kabupaten Solok Selatan akan membangun gedung layanan pustaka kabupaten, direncanakan gedung tersebut dua tingkat di tahun 2020. Pembangunan gedung tersebut menelan anggaran Rp 10 Miliar, sebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Yalasri SE.M Si diruang kerjanya baru baru ini.

"Tahun ini kami sedang mengajukan anggaran pembangunan gedung pustaka itu ke pusat, semua datanya sudah dikirim. Semoga ini terealisasi,"jelasnya.

Ditambahkan Yalasri, gedung layanan pustaka dan taman baca itu yang mana pengajuan anggarannya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Dimana bangunannya direncanakan dibangun dua tingkat, dengan fasilitas yang nyaman bagi pembaca, sehingga mereka akan betah berlama lama untuk membaca,"tuturnya.

Menurutnya, lokasi pembangunan itu direncanakan di jalan poros depan kantor Bupati, hal ini agar mudah diakses bagi pengunjung nantinya.

Rencana, layanan pustaka kabupaten itu, akan berinteraksi dengan pustaka nagari.

"Saat ini nagari binaan pustaka terdapat di lima nagari beringklusi sosial, yaitu Sungai Kunyit, Lubuak Malako, Bidar Alam, Alam Pauah Duo, Pakan Rabaa "katanya.

Inklusi sosial merupakan mengaplikasikan apa yang dibaca, seperti contoh menjahit, bertani dan beternak dan sebagainya. Setelah mereka membaca, lalu dapat hendaknya diaplikasikan sendiri,"harap Yalasri. (sudir)*.
 
Top