Kepala Baperlitbang Kabupaten Tanah Datar Alfian Jamrah

JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menjadi tujuan studi banding bagi daerah lain di Indonesia. Hal ini menyusul karena keberhasilan, pemuncak dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019 beberapa waktu lalu. Bahkan Bupati Irdinansyah Tarmizi diminta menjadi narasumber di beberap ajang bergengsi.

Kepala Baperlitbang Kabupaten Tanah Datar Alfian Jamrah mengatakan, usai menjadi narasumber di Bali, Senin depan Bupati Tanah Datar juga diminta menjadi narasumber di Jakarta.

"Kalau tidak ada aral melintang, Pak Bupati akan menjadi pembicara dalam Indonesia Development Forum (IDF) 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI. Ini merupakan apresiasi atas PPD yang diperoleh beberapa waktu lalu,” katanya.

Menurut Alfian Jamrah, IDF itu sendiri merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan Bappenas yang menjadi wadah praktisi pembangunan, pihak swasta dan nirlaba untuk bertemu dan bertukar gagasan.

“Menjadi kebanggaan bagi kita untuk bisa tampil di acara itu, karena berbagai presentasi, para ahli serta praktisi yang berpartisipasi. Disanalah berkumpul para aktor-aktor pembangunan untuk menyusun agenda pembangunan serta membicarakan solusi bagi permasalahan pembangunan di Indonesia, kegiatan ini didukung oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) melalui Knowledge Sector Initiative (KSI) serta mitra-mitra pembangunan lainnya” katanya.

Dalam ajang IDF itu, tambah Alfian Jamrah, narasumber diminta sharing informasi, teknik atau istilahnya best practice dalam melaksanakan perencanaan pembangunan.

“PPD masuk sesi inspirasi yang merupakan sesi mengedepankan praktek-praktek cerdas pembangunan terbaik di Indonesia. Sesi ini juga ditujukan untuk menampilkan berbagai pendekatan dalam mengatasi tantangan dan mengelola peluang berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah,” tutupnya. (MG)
 
Top