MAGELANG  - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang sedang dijalani oleh siswa - siswi kelas VII SMP Negeri 11 Kota Magelang sudah memasuki hari keempat. Selain diisi oleh pihak sekolah, MPLS juga melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk melatih baris berbaris.

Tiga orang personel Koramil 23 Magelang Utara bersama Bhabinkamtibmas Polsek Magelang Utara memberikan materi peraturan baris berbaris kepada siswa SMP N 11 Kota Magelang, Kamis (18/07).

Materi baris berbaris diberikan kepada siswa baru dengan harapan untuk menanamkan kedisiplinan. Latihan Baris - berbaris merupakan suatu wujud latihan fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu.

Diharapkan, nantinya para siswa mempunyai mental dan kedisiplinan yang tinggi serta bersikap yang baik sehingga menjadi generasi yang berkarakter.

Nur Handayani, S.Pd, Pembina OSIS SMP N 11 Kota Magelang menuturkan, pelatihan yang diberikan oleh anggota Koramil Magelang Utara dirasakan banyak manfaatnya. Selain untuk menanamkan disiplin, juga sangat baik untuk meningkatkan jiwa nasionalisme bagi siswa.

Masih menurut Nur Handayani, kelas 7 ini merupakan masa peralihan  siswa sekolah dasar menuju sekolah menengah. Menurutnya masa seperti ini menjadi sangat penting untuk mengisi dan menumbuhkan mental yang baik bagi siswa siswa tersebut. MPLS yang direncanakan berlangsung selama seminggu diisi dengan berbagai kegiatan kesiswaan dan kepramukaan.

Nur Handanyani berharap, pelatihan yang diberikan oleh Koramil dan Polsek bisa dilanjutkan dan ditingkatkan.

"Kami berharap kerjasama seperti ini bisa ditingkatkan, karena betul betul dirasakan manfaatnya" pungkas Nur Handayani.
 
Top