JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Bupati Tanah Datar Irdinasyah Tarmizi yang diwakili Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril menerima sedikitnya sebanyak 330 orang Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), di aula kantor bupati setempat kawasan Pagaruyung, Tanah Datar, Selasa (30/7).

330 orang Mahasiswa tersebut terbagi 150 orang Mahasiswa dari Universitas Muhammadyah Sumatera Barat (UMSB) dan 180 orang Mahasiswa dari Universitas Eka Sakti (UNES). Para mahasiswa tersebut bakal mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan di tengah-tengah masyarakat berbagai nagari di Tanah Datar selama 35 hari untuk Mahasiswa UMSB dan 40 hari bagi UNES.

Kepala Dinas PMDPPKB Kabupaten Tanah Datar Nofenril mengatakan, agar mahasiswa melajari budaya masyarakat agar hubungan silaturahmi terjalin dengan baik.

"Taati peraturan nagari, jaga prilaku sopan santun serta koordinasikan semua program kerja bersama perangkat pemerintah nagari, kecamatan ataupun kabupaten sehingga program kerja berjalan dengan baik,” ujar Kadis Nofenril, Selasa (30/7) di Tanah Datar.

Nofenril mengharapkan mahasiswa KKN-PPM baik UMSB dan UNES dapat menumbuhkan kembangkan kegiatan keagamaan serta budaya sesuai dengan tujuan pemerintah daerah yaitu menciptakan Kabupaten Tahfizh sesuai dengan visi terwujudnya Kabupaten Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera dalam nilai-nilai Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Sebelumnya, Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA mengucapkan terima kasih telah memfasilitasi kegiatan KKN-PPM Mahasiswa UMSB yang telah berjalan selama 2 tahun di Tanah Datar.

Dikatakannya, program KKN-PPM merupakan program wajib mahasiswa sebagai bentuk wujud nyata pengabdian masyarakat yang apabila dikerjakan secara maksimal berdampak bagi kesejahteraan masyarakat lokasi KKN-PPM itu sendiri. Bagaimana tidak, perencanaan, pemikiran, tenaga dan ilmu berguna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Kami menitipkan mahasiswa untuk dibina selama masa KKN-PPM di kabupaten yang dikenal Luhak nan Tuo ini, di kampus kami lah orang tuanya, disini pemerintah daerah lah orang tuanya,” ujar Rektor UMSB.

Dilanjutkan, Wakil Rektor I Dr. Agus Salim mengatakan UNES menempatkan mahasiswa KKN-PPM di 4 Nagari di Kabupaten Tanah Datar yaitu Kecamatan Batipuh 45 orang, Kecamatan Lima Kaum 45 orang, Kecamatan X Koto sebanyak 90 orang.

"Terima kasih menerima kami dengan baik, kami berharap pemerintah daerah dapat memantau setiap program kerja, sehingga tidak salah jalan,” ujar Wakil Rektor I UNES Dr. Agus Salim. (MG)
 
Top