JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Bupati Kabupaten Tanah Datar Irdinasyah Tarmizi lepas Calon Jemaah Haji (CJH) setempat, Rabu (17/7) di Gedung Indojolito Batusangkar. Sedikitnya 246 orang JCH
asal Kabupaten Tanah Datar Tahun 2019 dilepas menuju Embarkasi Padang.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma , Wakil Ketua DPRD Irman, Unsur Pimpinan Forkopinda Tanah Datar, Rektor IAIN Batusangkar  Dr.H. Kasmuri, Kepala OPD, para Pejabat Pemda dan Pejabat Kemenag, Pimpinan Ormas, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI ) Tanah Datar , Tokoh masyarakat , Bundo Kanduang, para Kepala KUA Kecamatan,  Kepala Madrasah dilingkungan Kemenag Kabupaten Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam arahannya mengatakan hari pemberangkatan JCH itu merupakan hari bahagia yang ditunggu-tunggu oleh setiap jamaah Calon Haji menuju Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji dan dimulai dengan niat yang ikhlas .

Bupati mengharapan agar para dhuyufurrahman dari Tanah Datar untuk mempelajarai semua ilmu tentang pelaksanaan ibadah haji tersebut dengan sungguh-sungguh dan dapat dipahami sehingga  pelaksanaah ibadah di Tanah Suci dapat berjalan dengan lancar dan baik.

"Selama di tanah suci nanti dapat menjaga kesehatan , selalu kompak dalam rombongan masing-masing. Selaku duta bangsa dan duta Kabupaten Tanah Datar JCH diminta untuk dapat menjaga marwah dan nama baik Tanah Air dan Kabupaten Tanah Datar khususnya," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga meminta kepada petugas Haji pada kloter 13 yang telah ditunjuk untuk dapat melaksanakan tugas yang telah diamanahkan kepadanya guna mengurus para JCH dalam pelaksanaan ibadah haji mulai dari tanah air sampai ke tanah suci dan kembali ke tanah air nanti.

Diakhir arahannya Bupati mengucapkan selamat jalan kepada seluruh JCH Tanah Datar Tahun 2019 menuju Tanah Suci mudah-mudahan mampu memperoleh gelar haji yang mabrur.

Ia berharap agar JCH Tanah Datar kembali ke tanah air pada tanggal 28 Agustus 2019 dengan jumlah lengkap. Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait atas suksesnya pelaksanaan pemberangkatan JCH Tanah Datar tersebut.

Sementara itu, Plt. Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Syamsul Arifin dalam sambutannya melaporkan, dari 246 JCH Tanah Datar yang dilepas Bupati itu, sebanyak 242 orang jamaah diberangkatkan melalui kloter 13 pada tanggal 17 Juli 2019 dan 4 orang Jamaah diberangkatkan melalui kloter 18 (kloter terakhir ) pada tanggal 22  Juli 2019 mendatang.

Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Tanah Datar yang diberangkatkan sebanyak 242 orang itu tergabung dengan JCH asal Kota Padang Panjang sebanyak 115 orang dan JCH asal Kota Padang sebanyak 28 orang ditambah 5 orang petugas Haji dan 2 orang TPHD. Sehingga keseluruhan JCH, Petugas dan TPHD pada Kloter 13 itu berjumlah sebanyak 393 orang. (MG)
 
Top