JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar diwakili Plt. Kasubbag TU H. Yusmarli melepas secara resmi 3 (tiga) Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Tanah Datar ke Tanah Suci yang keberangkatannya tergabung pada Kloter. 18 (Kloter terakhir).
Acara melepas ketiga jamaah calon haji tersebut dilaksanakan di aula Kemenag Kabupaten Tanah Datar Senin (22/7).
Plt. Kasubbag TU H. Yusmarli mengatakan,  sebagai seorang yang beriman Jamaah Calon Haji (JCH) untuk menunaikan ibadah haji harus dimulai dengan niat yang ikhlas dan yakin bahwa Allah bersama kita.
"Ada lima cara meraih haji yang mabrur. Pertama bertekad kuat untuk mendapatkan prediket mabrur  dibarengi dengan keyakinan bahwa Allah akan selalu memberikan kemudahan. Kedua beribadah dengan bersikap ihsan. Ketiga berbuat baik dengan sebanyak-banyaknya. Keempat sabar dan bersyukur kepada Allah SWT dan kelima beribadah dengan ilmu," kata Yusmarli, Senin (22/7) di Batusangkar.
Sementara itu, Kasi Penyelenggara Haji Kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar H. Muhammad Algafari menjelaskan, ketiga Jamaah Calon Haji yang dilepas tersebut masing-masing Fakhruddin Dt. Cumano dari Sungai Patai Kecamatan Sungayang ,  Hayatun Nupus dan Gusniwarti  keduanya dari Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan.
Ketiga jamaah tersebut merupakan jamaah yang masuk kuota tambahan untuk Kabupaten Tanah Datar dan diterbangkan langsung ke Tanah Suci Mekkah bersama Kloter, 18 bergabung dengan Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Sijunjung dan Jamaah dari Kabupaten / Kota Provinsi Sumatera Barat.
Untuk tahun 2019 ini ada 2 (dua) orang  jamaah Calon Haji yang gagal keberangkatannya ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan Ibadah Haji karena mereka sakit masing-masing Rasaman Mak Zen (74) dari Kecamatan Tanjung Emas dan Ratnawilis Lutan (60) dari Kecamatan Rambatan. Jadi kedua mereka tersebut ditunda keberangkatannya untuk musim haji tahun depan. (MG)

 
Top