JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Tim Safari Ramadhan IV Pemkab Tanah Datar yang dipimpin Dandim 0307 Tanah Datar kunjungi mesjid Tarhim jorong Padang Datar nagari Tanjung Barulak kecamatan Tanjung Emas, Kamis (7/4-2022) kemarin.

Hadir dalam tim, kepala Dinas Perhubungan Nusyirwan, kepala Badan BPCB Sumbar Riau Kepri, penceramah, bagian Kesra dan Bagian Prokopim Setda Tanah Datar. Ikut mendampingi sekretaris Camat Tanjung Emas, Forkopimca, walinagari Tanjung Barulak.

Pengurus Masjid Tarhim Hendri Mangkuto Sirajo sampaikan masjid ini berdiri 1978 untuk pembangunan yang direncanakan masih ada yang belum terselesaikan diantaranya tempat parkir sekaligus untuk sholat Idul Fitri diharapkan bantuan dari pemerintah daerah.

Hendri juga harapkan lampu jalan sudah lama mati dan sudah di laporkan tapi sudah 5 hari Ramadhan belum juga di tindak lanjuti instansi terkait serta perlu bantuan saluran air bersih PDAM untuk masyarakat dan kebutuhan berwuduk.

Sekretaris walinagari Tanjung Barulak Syahrul juga tambahkan selain air bersih masyarakat juga harapkan perbaikan ataupun pembangunan irigasi untuk lahan pertanian, sebelumnya juga disampaikan terimakasih atas kunjungan tim safari Ramadhan.

Menanggapi aspirasi dari masyarakat wakil ketua Tim Kepala Dinas Perhubungan Nusyirwan sampaikan untuk lampu penerangan jalan secepatnya akan di turunkan anggota dan perbaiki ini langsung dibawah kewenangan Dinas Perhubungan.

Selanjutnya masalah air bersih yang bersumber dari PDAM yang tidak mencukupi dan pembangunan masjid akan disampaikan kepada instansi terkait, namun demikian juga diharapkan partisipasi dari masyarakat.

Nusyirwan juga sampaikan pemerintahan Tanah Datar turunkan 20 tim 40 masjid secara serentak pada tanggal 6 dan 7 April 2022 dengan tujuan mempererat silaturrahmi, menyampaikan informasi dan menyerap aspirasi langsung kepada masyarakat.

"Alhamdulilah masyakat menyambut baik dan menyampaikan aspirasi kepada tim untuk menyetahui apa yang di harapkan masyarakat," ucapnya.

Nusyirwan sampaikan beberapa progul sudah di lounching diantaranya bajak gratis, makan randang, satu nagari satu iven, satu rumah satu hafizh, untuk itu diharapkan dukungan dari masyarakat dengan tujuan mensejahterahkan masyarakat menju Tanah Datar Madani.

Selain itu, program pelayanan publik sudah bisa dilakukan secara online menggunakan handpone android dan untuk cetak ktp dan dokumen kependudukan bisa di lakukan di kantor walinagari dan kantor camat terdekat, terangnya.

Pada kesempatan tersebut diserahkan bantuan sebesar Rp 10 juta, buku fiqih satu set, buku syarah satu set kepada pengurus masjid Tarhim Tanjung Barulak. (MG)
 
Top